Tips Mendapatkan Spina di Toram Online: Menguasai Perdagangan

Siapa yang tidak butuh Spina? Hampir semua aspek yang ada di dalam game ini membutuhkan Spina, seperti equipment, item, skill, sintesis bahkan level bisa dibeli dengan Spina. Memiliki Spina yang banyak tentunya akan sangat membantu melancarkan petualangan kamu di Toram Online.

Memperoleh Spina yang banyak tidak bisa dilakukan dengan cara instan, semakin sulit cara yang digunakan untuk memperolehnya, semakin besar pula reward atau imbalan yang ditawarkan.

Pada dasarnya, terdapat 5 cara untuk memperoleh Spina di Toram Online sebagai berikut:
  • Menjual drop-item monster (Mudah)
  • Menjual drop-item boss atau miniboss (Sedang)
  • Menjual hasil produksi (Sulit)
  • Menjual jasa (Bervariasi)
  • Reselling atau jual-beli (Berpengalaman)


Satu hal yang harus kamu hindari adalah RMT (Real Money Trading) untuk memperoleh Spina, karena praktik ini melanggar peraturan dan ketentuan dari Asobimo, Inc. selaku developer dari Toram Online. Pelaku RMT yang terbukti melanggar akan dikenakan sanksi tegas yaitu "Banned" atau pemblokiran akun secara permanen.

Lalu apa saja yang tergolong di dalam RMT? Segala bentuk penukaran Spina dengan nominal/ mata uang nyata, seperti beli Spina via pulsa seluler dan beli Spina via ATM.

Dan jangan coba-coba untuk menjadi scammer atau tukang tipu-tipu ya? (lol). Bermain adil dan berjuang dari nol lebih mengasyikkan bukan?

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang bagaimana mendapatkan Spina dengan cara yang terbilang mudah, yaitu mengumpulkan drop-item dari monster atau boss kemudian menjualnya.

Sudah siap menjadi jutawan di Toram Online? Simak tips dan trik berikut ini:

Menjual Drop-Item Monster Normal (Mudah)

Untuk dapat mengumpulkan drop-item dari monster normal dengan cepat, kamu membutuhkan karakter Farmer-Mage yang bisa dilihat cara pembuatanya di sini. Mengumpulkan item hingga 1 stack sangatlah mudah dengan skill Storm milik Farmer-Mage, bag kamu akan penuh hanya dalam hitungan menit jika berada di dalam full storm party (party yang seluruh anggotanya menggunakan skill Storm).

Berikut ini adalah informasi harga (dalam metric), nama monster, lokasi spawn dan drop-item yang dapat kamu coba untuk mendapatkan Spina:

1. Process Material: 1k/stack ~ 5k/4stack

Monster: Semua monster kategori normal
Lokasi: Semua Field Map
Drop: Metal, Cloth, Beast, Wood, Medicine dan Mana


Satu stack (x99) common drop atau drop biasa dari monster (Metal, Cloth, Beast, Wood, Medicine dan Mana) tidaklah terlalu berharga jika dijual ke NPC Merchant, namun beberapa pemain yang memiliki karakter produksi (blacksmith atau alchemist) akan selalu membutuhkanya untuk diproses menjadi material produksi.

2. Bird Wing: 5k/stack ~ 8k/stack

Monster: Beak (Lv 18)
Lokasi: Ruined Temple (Area 1)
Drop: Chicken Meat [Medicine], Thick Beak [Beast], Bird Wing [Beast], Feather [Additional] dan STR+1 [Normal Crysta]


Bird Wing digunakan untuk membuat "Adventurer's Garb", resepnya adalah Bird Wing x35 dan Cloth x40. Pemain yang memiliki karakter blacksmith dan alchemist biasanya sering membutuhkan "Trash Garb" yang mudah didapatkan, salah satunya yaitu Adventurer's Garb.

Apa itu Trash Garb? Sesuai artinya trash berarti sampah, pemain tersebut biasanya hanya menggunakan Adventurer's Garb untuk memindahkan Stats, Appearance dan Dye.

3. Nisel Wood: 1.5k/stack ~ 2k/stack

Monster: Shell Mask (Lv 27)
Lokasi: Nisel Mountain: Mountainside
Drop: Woodchip [Wood], Nisel Wood [Wood], Bitter Nut [Medicine] dan Thorny Twig [Dagger]


Banyak pemain yang membutuhkan Nisel Wood untuk menaikkan level, jika kamu sedang merasa lebih membutuhkan Spina dibandingkan dengan level, menjual Nisel Wood bisa menjadi pilihan. Harga 1.500 Spina untuk 1 stack Nisel Wood akan terjual dengan sangat cepat di Consignment Board .

4. Bitter Nut: 3k/stack ~ 3.5k/stack

Monster: Shell Mask (Lv 27)
Lokasi: Nisel Mountain: Mountainside
Drop: Woodchip [Wood], Nisel Wood [Wood], Bitter Nut [Medicine] dan Thorny Twig [Dagger]

Saat kamu sedang farming Nisel Wood, kamu juga sekaligus mendapatkan Bitter Nut. Sehingga sekali melempar batu 2 burung yang kena, atau lebih tepatnya sekali melempar Storm, puluhan Shell Mask yang kena dan ratusan drop berjatuhan (lol).

5. Flower Nectar: 15k/stack ~ 18k/stack

Monster: Pova (Lv 32)
Lokasi: Lonogo Canyon
Drop: Slender Branch [Wood], Soft Leaf [Medicine], Flower Nectar [Medicine] dan Mistletoe Talisman [Special Equipment]


Flower Nectar digunakan untuk membuat (sintesis) Revita, pemain yang memiliki karakter Alchemist akan selalu membutuhkan Flower Nectar hingga level Proficiency mereka mencapai kurang lebih angka 85. Sehingga permintaan Flower Nectar sangatlah tinggi dengan harga yang stabil (kurang lebih 15.000 Spina untuk 1 stack Flower Nectar).

6. Wandering Spirits: 5k/stack ~ 7k/stack

Monster: Skeleton (Lv 30)
Lokasi: Zoktzda Ruins
Drop: Skeleton Bone [Beast], Fatigued Blade [Metal], Wandering Spirit [Mana] dan STR+2 [Normal Crysta]


Selain Wandering Spirit, material Beast dan Metal banyak dicari oleh pemain di sini, menjualnya dengan harga 5k/4stack akan sangatlah mudah.

7. Nightmare Crystal: 55k/4stack ~ 65k/4stack

Monster: Nightmare Roar (Lv 49)
Lokasi: Ancient Empress Tomb (Area 3)
Drop: Fairy Feather [Cloth], Strange Shining Powder [Medicine], Nightmare Crystal [Mana] dan Headband [Additional]


Permintaan akan Nightmare Crystal sangatlah tinggi, mengingat item ini merupakan jalan utama yang digunakan para pemain untuk menaikkan level karakter mereka. Party juga sangat mudah ditemukan di area ini, bahkan dapat dikatakan terlalu banyak (bisa mencapai 50 channel lebih).

8. MP+150: 15k/pcs ~ 20k/pcs

Monster: Tulin (Lv 55)
Lokasi: Wanderer's Plain
Drop: Thick Root [Wood], Growing Vine [Wood], Flower Nectar [Medicine] dan MP+150 [Normal Crysta]


Mayoritas pemain Toram Online memiliki setidaknya 1 karakter Farmer-Mage, dimana memiliki MP yang banyak sangatlah diperlukan, sehingga Crysta (xtal) ini banyak dicari oleh pemain. Akan tetapi spawn-rate dari monster ini yang terbilang langka, ditambah drop yang kita hendaki adalah Crysta, maka akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa mendapatkanya.

9. HP+300: 20k/pcs ~ 25k/pcs

Monster: Pawn (Lv 78)
Lokasi: Fort Solfini: Wall
Drop: Broken Shield [Wood], Torn Green Cloth [Cloth], Broken Spear [Metal] dan HP+300 [Normal Crysta]


Pawn memiliki HP, DEF dan ATK yang tergolong tinggi, saran saya adalah menggunakan karakter level tinggi dan memiliki INT yang cukup bila menggunakan Farmer-Mage. Drop-rate dari HP+300 hampir sama dengan MP+150, bedanya adalah spawn-rate dari Pawn lebih berdekatan atau bergerombol, sehingga farming dapat dilakukan dengan efektif dan efisien menggunakan skill area seperti Storm.

Menjual Drop-Item Boss dan Mini Boss (Sedang)

Semua Boss dan Mini Boss memiliki Crysta / xtal nya tersendiri (sesuai dengan nama boss / mini boss terkait), dan hampir semua xtal tersebut bernilai tinggi di pasaran, mulai dari 100k bahkan hingga 3m Spina, tergantung dari efek yang diberikan dan tingkat kesulitan untuk mendapatkanya.

Drop-rate dari xtal sangatlah rendah, mungkin dibawah 0.01% atau bahkan bisa kurang, katakanlah boss A memiliki base drop-rate xtal nya sebesar 0.01%, maka di dalam 1000x kill kemungkinan drop xtal-nya adalah 10x, dan perlu diingat bahwa itu saja baru "kemungkinan".

Boss dan Mini Boss juga terkadang memiliki drop-item berupa Body Armor yang memiliki "Dye" atau pewarna. Menjual Dye kepada pemain juga memiliki keuntungan yang lumayan untuk dipertimbangkan, mulai dari 20k ~ 500k Spina, tergantung dari warna dan tingkat kesulitan untuk mendapatkanya.

Gambar: Adventurer's Garb dengan 3 Dye (Merah A, Merah B dan Pink C)

Jika kamu mendapatkan Body Armor atau Additional Gear yang memiliki Dye, namun dengan status "Untradeable", kamu harus melakukan sintesis terlebih dahulu untuk memindahkan Dye tersebut ke dalam equipment yang "Tradeable" agar dapat dijual, bisa melalui Synthesist di kota, karakter dengan skill Alchemist atau dapat juga dengan membeli jasa 3-Lock dari pemain lain.

Berikut ini adalah informasi nama boss / mini boss, lokasi dan harga drop-item (dalam metric) yang dapat kamu coba untuk mendapatkan Spina:

1. Mini Boss: Dark Mushroom (Lv 30)

Lokasi: Isthmus of Kaus
Drop:
  • Poisonus Mushroom [Medicine]
  • Scholar's Glasses [Additional]
  • Adventurer's Garb [Armor: Dye B]: 50k/pcs ~ 100k/pcs
  • Mushroom Spore [Medicine]
  • Turbid Crystal [Mana]: 5k/stack ~ 7k/stack
  • Dark Mushroom [Special Crysta]
Sumber Gambar: Toram Wiki

2. Boss: Minotaur (Lv 32)

Lokasi: Ruined Temple: Forbidden Hall
Drop:
  • Minotaur Hoof [Metal]
  • Minotaur Skin [Cloth]: 200k/stack ~ 250k/stack
  • Damascus Ore [Metal]
  • Minotaur Horn [Beast]
  • Minotaur Knuckles [Knuckles]
  • Minotaur Staff [Staff]
  • Minotaur [Normal Crysta]
Sumber Gambar: Toram Wiki

Kamu bisa menjual langsung Minotaur Skin atau menukarkanya terlebih dahulu menjadi Anti Degradation (800k/stack ~ 1m/stack). Minotaur Skin x3 bisa ditukarkan dengan Anti Degradation x1 di NPC Lefina, dan nama quest nya adalah "Proof of Courage?".

3. Mini Boss: Colon Commander (Lv 33)

Lokasi: Strum Road
Drop:
  • Colon Skin [Wood]
  • Bundled Leaves [Medicine]
  • Split Wooden Helm [Wood]
  • Revita I [Medicine]
  • Colon Met [Additional]
  • Adventurer's Garb [Armor: Dye A]: 50k/pcs
  • Colon Commander [Armor Crysta]
Sumber Gambar: Toram Wiki

4. Mini Boss: Crimsosch (Lv 37)

Lokasi: Athema Ruins (Area 2)
Drop:
  • Dawn Hat [Additional]
  • Adventurer's Garb [Armor: Dye A]: 50k/pcs ~ 100k/pcs
  • Crimsosch [Normal Crysta]
Sumber Gambar: Toram Wiki

5. Mini Boss: Tortuga (Lv 40)

Lokasi: Icule Lake
Drop:
  • Turtle Shell [Beast]
  • Reptile Skin [Cloth]
  • Damascus Ore [Metal]
  • Shell Shield [Shield]
  • Adventurer's Garb [Armor: Dye A]: 50k/pcs ~ 100k/pcs
  • Tortuga [Armor Crysta]: 100k/pcs ~ 200k/pcs
Sumber Gambar: Toram Wiki

6. Boss: Flare Volg (Lv 50)

Lokasi: Fiery Volcano: Boss Map
Drop:
  • Flare Volg Claw [Beast]
  • Flare Volg Horn [Beast]
  • Flare Volg Flesh [Medicine]
  • Fiery Gem [Mana]: 10k/pcs ~ 15k/pcs
  • Volcanic Sword [Two Handed Sword]: 20k/pcs ~ 30k/pcs (Appearance)
  • Volcanic Claws [Knuckles]: 20k/pcs ~ 30k/pcs (Appearance)
  • Plate Armor [Armor: Dye A Dye B Dye C]: 300k/pcs ~ 500k/pcs (3 Dye)
Sumber Gambar: Toram Wiki

7. Mini Boss: Giant Boar (Lv 52)

Lokasi: Nisel Mountain
Drop: 
  • Sturdy Fur [Cloth]
  • Animal Skin [Cloth]
  • Adventurer's Garb [Armor: Dye A]: 50k/pcs ~ 100k/pcs
  • Giant Boar [Additional Crysta]
Sumber Gambar: Toram Wiki

8. Mini Boss: Golden Skeleton (Lv 54)

Lokasi: Zoktzda Ruins
Drop: 
  • Skeleton Bone [Beast]
  • Ancient Gold Coin [Metal]
  • Wandering Spirit [Mana]: 10k/stack ~ 15k/stack
  • Adventurer's Garb [Armor: Dye A]: 100k/pcs
  • Golden Skeleton [Additional Crysta]: 300k/pcs ~ 500k/pcs
Sumber Gambar: Toram Wiki

9. Boss: Boss Roga (Lv 62)

Lokasi: Saham Underground Cave: Deepest Part
Drop: 
  • Broken Huge Mace [Metal]
  • Boss Roga's Belt [Cloth]: 4k/pcs
  • Ore From Another World [Mana]
  • Mace of Destruction [Staff]
  • Killer Coat [Armor]
  • Boss Roga [Armor Crysta]: 2.3m/pcs ~ 2.5m/pcs
 Sumber Gambar: Toram Wiki

Demikian pengalaman tentang bagaimana cara mendapatkan Spina yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Selamat berjualan!

NB: Harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti update dan event dari game. 

Comments

  1. gan, ane pemula ni,, mau nanya klo item di bag kita udh kepenuhan bisa dijual gan?? klo bisa dimana bisa dijualnya???

    ReplyDelete
  2. Gan, cara bikin item untradable jadi tradable gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di sintesis / di gabung dengan skill Synthesize Equipment atau di NPC Alchemist, tapi cuma appearance / tampilan yang masih kebawa gan. Stat bakalan hilang karena tag "Untradeable" merupakan salah satu stats dari equipment tersebut.

      Contoh:
      - Armor A (drop monster) = Stats: MaxHP+100, Untradeable
      - Armor B (buatan player) = Stats: N/A, Tradeable
      kalau agan pengen Armor A jadi Tradeable, bisa di sintesis dengan armor B menggunakan opsi sbb:
      Appearance: Armor A
      Dye A, B, C: Random
      Stats: Armor B

      Nanti bakalan jadi Armor B dengan stats Tradeable, namun dengan tampilan Armor A

      Delete
    2. bang cara dapetin permata buat naikin drob item boss gimana? mohon info nya

      Delete
    3. Caranya di kota sofya si samping kiei bar ada cllule di situ

      Delete
  3. Lebih untungan mana?....d jual d papan board ato di selolo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal item nya diminati (laku) sudah pasti di board gan,
      harga jual item-item di NPC Merchant seperti sololo adalah harga basic yang tidak mengikuti perubahan arus ekonomi di dalam game.
      Harga tersebut tetaplah sama sewaktu Alpha & Beta test 2 tahun lalu.
      Sedangkan ekonomi di dalam game sudah berubah drastis dengan adanya banyak pemain, bots, RMT dan faktor-faktor lain.

      Singkatnya, daya beli para pemain sudah meningkat, namun NPC tetaplah sama.

      Delete
    2. Juancok...!! Hebat Kali Kau Gan..! Mantap Sekali... XD

      Delete
  4. Replies
    1. Ada yang 1, 10, 30, 99, sampai 999 gan, tergantung karakteristik item nya.

      Misal:
      1 pcs/stk: Event2 tertentu seperti valentine.
      10 pcs/stk: Support potion, seperti Vita Plus, Vaccine, dll.
      30 pcs/stk: Consumable item yang bisa memberi efek buff, seperti bitter nut.
      99 pcs/stk: Item-item yang paling umum,
      999 pcs/stk: Event2 khusus seperti Hanami (Sakura Gem)

      Delete
  5. Min, Misi apa yg dapat Spina paling banyak?
    Jual di Player agak susah, Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya harga di NPC? Semua pola harga item di NPC relatif sama gan, sebanding dengan drop-rasio: semakin susah didapat, semakin tinggi level monster, maka semakin mahal harga nya.

      Ada juga cara lama buat dapetin Spina tanpa jual ke player: Farming monster skeleton di Zoktzda Ruins --> Jual ke NPC.
      Harganya memang ga seberapa, tapi spawn rate monsternya tinggi, lokasi datar dan terfokus pada satu lokasi, drop rate juga tinggi.

      Kalau bisa jual ke player, lebih nguntungin lagi gan.

      Delete
  6. Min, kalo quest yg exp nya banyak apa min?? Selain 'Pride of The Rich'???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 quest lagi dari Lefina yang EXP nya lebih banyak dari Pride of the Rich:
      - Avenge with Dolls: 380.000 EXP
      - Risky Gamble: 400.000 Exp
      2-2 nya mirip pride of the rich, kumpulin x99 uncommon item buat ditukar exp.
      Tapi monsternya level tinggi, spawn-rate ga sebanyak Nightmnare Roar (item NC) dan tersebar, lokasi ga rata. Menurut saya paling bagus masih Pride of the Rich, kalau ditinjau dari segi efisiensi nya.

      Delete
  7. Replies
    1. Dihutan abis jalan strom. Lupa namanya, lawan anjing hutan

      Delete
    2. Dihutan abis jalan strom. Lupa namanya, lawan anjing hutan

      Delete
  8. Sip....
    Artikel yang ane cari dari kemaren :'v
    Emang banyak sih cuma penjelasan drop item kurang begitu jelas

    ReplyDelete
  9. Gan mau tanya.saya baru main.
    Kadang2 kita dapet poin skill selain ketika naik level. Contohnya ketika main cukup lama seperti 3 jam atau 4 jam.. kira2 hal apa lagi yang bisa lakukan untuk mendapatkan skill poin dan status poin. Selain naikin level.

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu reward dari emblem (semacam achievement) gan, berikut contohnya:


      SKILL POINT:
      Rookie Attacker
      Dapat rank Attacker 10x saat ber-party melawan boss
      Reward: Skill Point +1

      Rookie Defender
      Defender 10x
      Reward: Skill Point +1

      Rookie Supporter
      Supporter 10x
      Reward: Skill Point +1.

      Rookie Breaker
      Breaker 10x
      Reward: Skill Point +1

      Good First-Aider
      memberi First aid pada anggota party yang mati 100x
      Reward: Skill Point +1

      Never Give Up
      KO / mati 100x
      Reward: Skill Point +1

      I Need Your Help
      First aid 400x
      Reward: Skill Point +1

      Again and Again...
      KO / mati 400x
      Reward: Skill Point +1

      Intermediate Attacker
      Attacker 1000x
      Reward: Skill Point +1

      Intermediate Defender
      Defender 1000x
      Reward: Skill Point +1

      Intermediate Support
      Support 1000x
      Reward: Skill Point +1

      Intermediate Breaker
      Breaker 1000x
      Reward: Skill Point +1

      Just Started
      Main lebih dari 15 menit.
      Reward: Skill Point +1

      Confident in Stamina
      Main lebih dari 30 menit.
      Reward: Skill Point +1

      Enjoying Yourself?
      Main lebih dari 1 jam.
      Reward: Skill Point +1

      Playing Much!
      Main lebih dari 2 jam.
      Reward: Skill Point +1

      Playing So Much!
      Main lebih dari 3 jam.
      Reward: Skill Point +1

      Playing Very Much!
      Main lebih dari 4 jam.
      Reward: Skill Point +1

      Gotta Take a Rest...
      Main lebih dari 5 jam.
      Reward: Skill Point +1

      Let's Take a Rest!
      Main lebih dari 6 jam.
      Reward: Skill Point +1

      First Move
      Menguasai 1 skill.
      Reward: Skill Point +1

      Second Move
      Menguasai 2 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Third Move
      Menguasai 3 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Fourth Move
      Menguasai 4 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Fifth Move
      Menguasai 5 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Sixth Move
      Menguasai 6 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Seventh Move
      Menguasai 7 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Eight Move
      Menguasai 8 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Ninth Move
      Menguasai 9 skills.
      Reward: Skill Point +1

      Tenth Move
      Menguasai 10 skills.
      Reward: Skill Point +1

      STAT POINTS:
      Good Attacker
      Mendapatkan Rank sebagai Attacker 100 x.
      Reward: Stat Point +5

      Good Defender
      Mendapatkan Rank sebagai Defender 100 x.
      Reward: Stat Point +5

      Good Supporter
      Mendapatkan Rank sebagai Supporter 100 x.
      Reward: Stat Point +5

      Good Breaker
      Mendapatkan Rank sebagai Breaker 100 x.
      Reward: Stat Point +5

      Newcomer
      Mencapai Lv5.
      Reward: Stat Point +5

      Beginner
      Mencapai Lv15.
      Reward: Stat Point +5

      Rookie
      Mencapai Lv25.
      Reward: Stat Point +5

      Fledging
      Mencapai Lv35.
      Reward: Stat Point +5

      Skilled Newcomer
      Mencapai Lv45.
      Reward: Stat Point +5

      Good Adventurer
      Mencapai Lv55.
      Reward: Stat Point +5

      Struggling Adventurer
      Mencapai Lv65.
      Reward: Stat Point +5

      Growing Adventurer
      Mencapai Lv75.
      Reward: Stat Point +5

      Developing Adventurer
      Mencapai Lv85.
      Reward: Stat Point +5

      Locally Famous Adventurer
      Mencapai Lv95.
      Reward: Stat Point +5

      Full-Fledged Adventurer
      Mencapai Lv105.
      Reward: Stat Point +5

      Delete
  10. Kami adalah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
    Bantuan seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda melalui kewangan
    Masalah, jika anda mempunyai masalah kewangan dan anda memerlukan dana
    Memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau bayar
    Bil, mulakan perniagaan yang bagus atau anda merasa sukar
    Dapatkan pinjaman modal dari bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e-mel
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan peluang ini meluluskan anda,
    Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

    Nama awak: ______________________
    Alamat anda: ____________________
    Negara awak: ____________________
    Tugas anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Jangka masa pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nombor telefon: ________________
    Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
    Jika anda telah memfailkan pinjaman terdahulu, di mana anda dilayan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan, kekacauan, dan cabaran kewangan
    Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mel:
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Gan mau tanya maksud dari imbalan pemecahan tubuh itu apa ya? Trs cara pemecahan tubuh itu gimana?

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imbalan pemecahan tubuh itu adalah item yg dijatuhkan dari tubuh monster yg kamu "pecahin/break". Dalam monster yg dilawan itu pasti ada item yg rariry/keunikan nya beda/lebih sulit didapatkan, nah cara dapetinnya ya di "pecahin/break" dulu sebelum monsternya di bunuh. Biasanya kalo monster nya udah di "pecahin/break", drop item nya akan semakin unik dan exp nya juga lebih banyak.

      Cara "mecahin/break" itu ya pake skill yg ada keterangan nya bisa "memberi status buruk" atau lebih tepatnya nge "flinch". Biasanya kalo yg kamu lawan itu bos monster(bukan mini bos, tapi bos lantai monster yg besar) itu pas di "break" akan ada tanda lingkaran "tap" di tubuh monsternya, dan jika itu muncul, berarti kamu harus meng-tap-nya sampai lingkaran nya berubah warna menjadi merah(ada tulisan break), tapi tap nya juga harus cepat dan sebanyak mungkin, soal nya durasi status "flinch" tiap monster beda beda dan tergolong sangat sebentar.

      Contoh skill yg bisa bikin monter puyeng :
      +Magic device/staff user(mage) : javelin & impact(tingkat kesuksesan flinch nya tinggi)
      +One handed sword/Two handed sword(swordman) : Hard hit

      Dan seterusnya dan seterusnya(liat aja di keterangan skill masing" job charracter)

      Fin.

      Delete
  12. ini blog masih ada tanda kehidupan kah?

    numpang tanya apa kelebihan dari Blacksmith tech di banding Blacksmith weapon/armor?

    ReplyDelete
  13. klo tech tuh biasa d pke but refine,true nge padu,trust nge fill stat..

    klo BS armor/weap itu bs bkin snjta Dan armor,trus Brant yg d buat tuh bs d trade

    ReplyDelete
  14. Gan kalo mau munculin teks di atas kapala kita..gmn ya...mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti tulisan:
      -Piercer [Halberd/OHS/Staff] atau,
      -Extract Crysta
      gitu kah?

      Mungkin yang agan maksud adalah "Signboard System."

      Itu fitur dari Toram yg sebenarnya buat nyegah "scamming" alias penipuan gan. Mengingat banyak sekali scammer di Toram.
      Intinya buat jualan jasa Piercing (membuka / menambah slot di equipment) dan Extracting (melepas Crysta yang udah dipasang di slot).

      Cara beli jasa Piercing (nambah slot):
      -Pilih "Edit Crysta" pada equipment yang ingin ditambah slot.
      -Sentuh icon palu / hammer.
      -Pilih Add slot.
      -kemudian Request.
      -Masukkan jumlah Spina yang agan tawarkan.
      -Pilih request lagi.

      Cara beli jasa extract crysta:
      -Pilih "Edit Crysta."
      -pilih equipment yang ada crysta nya.
      -pilih crysta yang ingin di extract.
      -pilih "Edit attached crysta"
      -Request
      -Masukkan jumlah spina yang agan tawarkan.
      -Confirm Reward
      -Request

      Delete
  15. Thanks gan, sangat berguna, kalo bisa lanjutin lagi monster list nya biar lengkap

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Min ada item yang gak boleh dijual gak?

    ReplyDelete
  18. Min ada item yang gak boleh dijual gak?

    ReplyDelete
  19. Min ada item yang gak boleh dijual gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jual di NPC merchant (kayak Sololo) setahu saya bisa semua gan. Tapi kalau jual di Consignment Board, item yang ada tag "Untradeable" nggak bisa dijual.

      Delete
  20. Mau tanya , caranya bikin senjata ato armor yang tradeable gimana ? Ane kok setiap buat pasti untradeable . Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk equipment buatan NPC blacksmith emang semuanya "Untradeable" gan.

      Cuma Player Crafted / equip buatan player yang bisa di trade dengan player lain atau dijual.

      Kalau ingin bisa bikin equipment sendiri, player harus membeli skills tree "Blacksmith" di Library kota Sofya. Kemudian tingkatkan skill "Create Equipment" di dalamnya.

      Delete
  21. Bagus dan rinci. selalu share gan tips tips terbaru Toram

    ReplyDelete
  22. Min cara jual item khusus kaya piercer gimana?

    ReplyDelete
  23. Harus nyari yang beli dulu gan.
    Biasanya mereka duduk di town/ city seperti Sofya atau El Scaro, di atas kepalanya ada tulisan [Piercer (tipe_weapon)].

    Klik aja tulisan itu, trus masukin jumlah Spina yang sama seperti yang ditawarkan pembeli.

    Klik "I Agree," tunggu proses > beres.

    ReplyDelete
  24. Bang.. Mw nanya..
    Saya ud 1 minggu hunt party d ganglef.. Kok ga dpt2 xtall ya??
    Gmana sih cara n tingkar drop rate nya??
    Makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan caranya pakai rare drop biasanya ada yamg jual gem run di sofia atau elscaro

      Delete
  25. Saya dapet senjata dari Monster,, ko ga bisa di jual di papan board?

    ReplyDelete
  26. kira kira easter egg lebih berguna dibuat apa min?

    ReplyDelete
  27. Drop armor/weapon yg didapat dari monster sudah tak bisa di jual atau di kirim. lol XD

    ReplyDelete
  28. gokil abangnya postingan yang saya butuhkan..

    ReplyDelete
  29. Disarankan akun tuyul 13-24 orb bnyak di minati

    ReplyDelete
  30. Min cara dapetin pecahan permen sama buah misterius gimana min

    ReplyDelete
  31. Saya pemain baru , saya dapat sobekan karcis... itu fumgsinya buat apa yh?

    ReplyDelete
  32. Saya pemain baru , saya dapat sobekan karcis... itu fumgsinya buat apa yh?

    ReplyDelete
  33. Saya pemain baru , saya dapat sobekan karcis... itu fumgsinya buat apa yh?

    ReplyDelete
  34. Cara bikin anti degeneration gmn caranya?

    Mksh

    ReplyDelete
  35. Mau nanya spot farming item yg enak selain diatas ada lg kah misalkan khusus untuk level 100 keatas?

    ReplyDelete
  36. Salam untuk semuanya, nama saya Farah Ahmad, saya ingin membagikan kesaksian kehidupan nyata saya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 14,4 juta, dari seorang pria di tempat yang tidak dikenal.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian memperkenalkan saya dengan Nona Kemela, Direktur Perusahaan PINJAMAN KEMELA GUS, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nona Kemela. Jadi saya menghubungi Nona Kemela melalui email: (Kemelagusloancompany@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +1 (740) 280-2389
    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp. 380 juta dengan bunga 2%, jadi pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya disuruh mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk transfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam setengah, uang pinjaman saya telah dicairkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya mendapat pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan Rp. 380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Nona Kemela Gus yang telah membantu memberikan hidup bebas stress finansial bagi saya, oleh karena itu saya sarankan bagi siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Nona Kemela via email: (Kemelagusloancompany@gmail.com)
    atau melalui
    WA: +1 (740) 280-82389 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin menghargai Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (Farahahmad665544@gmail.com)
    Salam

    ReplyDelete
  37. Halo Semuanya, nama saya Rida Yahya, saya ingin membagikan kesaksian hebat ini di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya tertipu dan kehilangan Rp. 14,4 juta, dari seorang pria di tempat yang tidak diketahui.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian memperkenalkan saya dengan Asmara Hasan, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Asmara Hasan. Jadi saya menghubungi Bu Asmara melalui email: (asmarahasanloancompany@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +1 (802) 695-0723
    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp. 380 juta dengan bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan keamanan untuk transfer pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk transfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 setengah jam, uang pinjaman saya telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya mendapat pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan Rp. 380 juta. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dan Dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Asmara Hasan yang telah membantu memberikan kehidupan yang bebas dari tekanan keuangan bagi saya, oleh karena itu saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Bu Asmara melalui email: (asmarahasanloancompany@gmail.com)
    atau melalui
    WA: +1 (802) 695-0723 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (ridayahya1234@gmail.com)
    Salam pembuka

    ReplyDelete
  38. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  39. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    ReplyDelete
  40. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete
  41. Makasih bang atas tutorial nya sangat membantu

    ReplyDelete

Post a Comment