Panduan Bermain Toram Online: Intro Pemula

Jika minggu ini adalah pengalaman pertama kamu bermain Toram Online, atau bahkan baru pertama kali mengenal permainan dengan tipe MMORPG, maka kamu berkunjung di blog yang tepat.



Tidak heran jika kamu merasa sedikit kebingungan saat pertama kali bermain Toram Online. Mungkin akan muncul pertanyaan-pertanyaan di benak seperti: "Permainan seperti apakah ini?" atau "Apa tujuan dari permainan ini?" dan yang paling penting adalah "Bagaimana menikmati permainanya?" jangan putus asa untuk bermain karena blog ini bertugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Jika sudah memahami sedikit saja mekanisme dari permainan ini, saya bisa pastikan kamu akan merasa ketagihan dan ingin terus bermain Toram Online. Banyak hal-hal baru yang akan kamu temui dan terus membuat penasaran. Waktu akan terasa berjalan dengan sangat cepat, dan bersiaplah untuk membuang waktu di kehidupan nyata (lol).

Sebelum mengenal Toram lebih dalam lagi, ada baiknya untuk memahami istilah-istilah penting di bawah ini:

Apa itu MMORPG?

MMORPG adalah singkatan dari: Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Lalu apakah maksudnya?
  • Massively Multiplayer: Game dengan tipe ini bermaksud untuk menciptakan suatu lingkungan bermain yang terdiri dari banyak pemain sekaligus, dimana para pemain dapat berinteraksi satu sama lain di dalamnya. Orang biasa menyebutnya dengan istilah Game Online.
  • Role Playing Game: Kamu memainkan sebuah peran atau karakter unik di dalam game, untuk menjalankan suatu tugas atau misi tertentu. Peran yang biasa terdapat di dalam sebuah game MMORPG adalah Warrior (tipe petarung), Hunter (tipe petarung jarak jauh), Wizard (pengguna sihir), dan Priest (tipe pendukung atau support).


Elemen-elemen utama di dalam MMORPG:

  • Main Quest / Main Mission: Merupakan tujuan utama atau goal dari permainan jenis ini. Pernah bermain Angry Birds? tujuan utama dari game ini adalah untuk merobohkan susunan bangunan dan membunuh babi dengan ketapel ber-amunisi burung agar dapat maju ke tahap berikutnya. Berbeda dengan Angry Birds (beda jauh pastinya) MMORPG mengharuskan kamu untuk membunuh monster, mengumpulkan item, dan mengalahkan boss agar dapat maju ke tahap berikutnya. Kamu juga harus bertambah kuat agar dapat menyelesaikan semua misi-misi yang diberikan.
  • Side Quest: Hampir sama dengan Main Quest, namun sifatnya tidak wajib untuk dikerjakan. Side Quest hanya akan memberikan imbalan seperti mata uang di dalam game dan item-item yang mungkin dapat membantu kamu menyelesaikan Main Quest.
  • Party: Elemen paling esensial di dalam MMORPG, kamu dapat bergabung di dalam sebuah grup dengan pemain-pemain lain untuk menyelesaikan tugas atau misi tertentu yang sulit dikerjakan bila hanya sendiri.
  • Character Level: Angka ini digunakan untuk mengukur kekuatan seorang pemain, semakin tinggi level berarti semakin kuat. Monster dan boss akan bertambah kuat seiring berjalanya petualangan kamu, sehingga level perlu ditingkatkan agar dapat mengalahkanya.
  • EXP / Experience point: EXP digunakan untuk meningkatkan level, kamu dapat mendapatkanya dari membunuh monster, menyelesaikan misi, dan menerima imbalan (reward). Semakin tinggi level, EXP yang dibutuhkan untuk meningkatkan level juga akan bertambah besar.
  • Status Point / STAT: Status mirip dengan kepribadian dari karakter kamu di dalam game, seperti: Vitality (ketahanan / daya tahan), Strength (kekuatan), Dekterity (ketangkasan), Agility (kelincahan), dan Intelligence (kecerdasan). Sesuai dengan karakter yang kamu inginkan, status point harus didistribusikan dengan tepat. Sebagai contoh seorang warrior atau prajurit, haruslah memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan kekuatan besar karena harus bertarung di garis depan, maka status yang sesuai adalah Vitality dan Strength. Sesuai dengan gaya bermain kamu, status dapat didistribusikan sesuka hati. Namun kesalahan dalam menentukan status point dapat berakibat fatal.
  • Skill: Memilih karakter / peran unik di dalam MMORPG memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Karena satu tipe karakter hanya memiliki skill (keahlian) yang unik bagi tipe tersebut. Misalnya seorang warrior, karena di rancang untuk bertarung di garis depan maka skill yang dimilikinya hanyalah untuk bertarung. Skill pendukung seperti penyembuh hanya akan dimiliki oleh seorang priest, yang bertarung di garis belakang sebagai support. Untuk itulah sistem party digunakan agar para pemain dapat saling mendukung satu sama lain.
Setelah pengetahuan dasar dari MMORPG didapatkan, mari kita explore lebih dalam lagi serunya bermain Toram Online:

Membuat Karakter

Saat pertama kali bermain, kamu akan diminta untuk membuat karakter. Pembuatan karakter dibagi menjadi 4 tahap (Step) yaitu:

Tahap1
Kamu bisa menentukan jenis kelamin (Gender), warna kulit (Skin Color), dan tinggi badan (Height).



Tahap2
Selanjutnya adalah bagian wajah, kamu bisa menentukan raut muka (Face), tipe mata (Eyes), dan warna mata (Eye Color).


Tahap3
Kemudian pada tahap berikutnya kamu bisa menentukan gaya rambut seperti poni (Bangs), rambut bagian belakang (Back), kucir rambut (Tails), dan warna rambut (Hair Color).


Tahap4
Langkah terakhir adalah menentukan peran / job / class dari karakter kamu. Tidak seperti MMORPG pada umumnya, Toram Online memiliki kebebasan dalam menentukan job / class. Seorang warrior dapat menggunakan sihir milik mage, dan seorang mage dapat bertempur di garis depan layaknya seorang warrior. Pemilihan job / class pada tahap ini hanya akan menentukan senjata dan skill dasar yang akan kamu dapatkan secara otomatis saat memulai game. Terdapat 4 tipe senjata utama yang dapat kamu pilih yaitu pedang (Sword), panah (Bow), tongkat sihir (Staff), dan sarung tinju besi (Knuckle).

Mengikuti Tutorial 

Setelah karakter selesai dibuat, kamu akan dikenalkan dasar-dasar permainan dari Toram Online. Jangan tergesa-gesa untuk meninggalkan camp pelatihan, bicaralah terlebih dahulu kepada semua NPC (Non-Playable Character) yang ada di map tersebut. Kamu akan mendapatkan item-item berguna yang akan membantu melancarkan perjalanan kamu nantinya.

Permainan Dimulai

Kemudian setelah usai mengikuti tutorial, kamu akan tiba di kota pertama dari Toram Online: Sofya City. Saya sarankan untuk mengikuti Story Mission terlebih dahulu agar lebih terbiasa dengan lingkungan permainan (ikuti saja anak panah berwarna biru). Kamu dapat mengakses kemajuan Story Mission dari Menu>Character>Quests>Story Missions.


Pada chapter-chapter awal, misi yang diberikan bertujuan untuk mengenalkan kamu dengan permainan. Seperti bertransaksi item dengan pedagang (Merchant), membuat equipment dari pandai besi (Blacksmith), dan membuat ramuan dari Alchemist. Kamu juga akan dikenalkan dengan sistem bertarung di Toram Online, untuk saat ini hanya tersedia fitur PvE (Player Versus Environment) dimana kamu hanya bisa bertarung melawan monster-monster di dalam game dan tidak bisa bertarung melawan sesama pemain atau PvP (Player Versus Player).

Mendalami Permainan

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan di dalam Toram Online agar permainan kamu berjalan dengan lancar. Jika tidak dilakukan dengan benar, ada kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan untuk bertarung melawan monster dan menjalankan misi. Berikut ini adalah hal-hal penting tersebut:

Status

Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, kamu tidak boleh melakukan kesalahan dalam mendistribusikan status point. Karena mengulang status (reset status) yang telah terdistribusikan tidaklah mudah dan murah di hampir semua permainan MMORPG. Sehingga saya sarankan untuk menentukan peran karakter kamu di awal permainan, agar tidak perlu melakukan reset status di kemudian hari.
Kamu dapat mengakses menu status dari Menu>Character>Stats, perhatikan sistem status pada Toram Online berikut ini:


Terdapat 8 status yang akan mempengaruhi gaya bertarung karakter kamu, dan berikut ini adalah penjelasan singkatnya:
  • ATK (Attack): Meningkatkan serangan fisik.
  • MATK (Magic Attack): Meningkatkan serangan magic (sihir).
  • DEF (Defense): Meningkatkan pertahanan dari serangan fisik.
  • MDEF (Magic Defense): Meningkatkan pertahanan dari serangan magic (sihir).
  • HIT: Rasio akurasi saat menyerang.
  • FLEE: Rasio hindaran saat diserang.
  • ASPD (Attack Speed): Kecepatan serangan fisik.
  • CSPD (Cast Speed): Kecepatan serangan magic (sihir). 
Terdapat juga 2 status utama yang selalu ditampilkan (di bagian atas) karena sangat esensial bagi karakter kamu, yaitu:
  • HP (Health Point): Bisa dikatakan HP adalah darah atau nyawa dari karakter.
  • MP (Mana Point): Digunakan untuk mengaktifkan skill.  
Bagaimana meningkatkan status-status tersebut? pilih "Build Character" untuk mendistribusikan status point. Di bagian kiri bawah jendela Stats Distribution terdapat tulisan yang menerangkan sisa stats point yang kamu miliki (Stats Point Left) jika kamu masih memiliki sisa stats points, kamu dapat mendistribusikanya di status yang kamu pilih dengan menekan lambang "+" di sebelah kanan stat, kemudian tekan confirm.


Terdapat 5 "Base Stats" yang dapat kamu tingkatkan menggunakan stat point untuk memperkuat status terkait, dan terdapat pula 4 "Personal Stat" yang akan mempengaruhi status tersembunyi (hidden) dan berikut ini adalah penjelasanya:

Base Stats:
  • STR (Strength): Meningkatkan ATK dan ASPD.
  • INT (Intelligence): Meningkatkan MATK, MDEF, dan ATK.
  • VIT (Vitality): Meningkatkan DEF dan HP.
  • AGI (Agility): Meningkatkan ASPD, CSPD, FEE, dan ATK.
  • DEX (Dexterity): Meningkatkan MATK, HIT, ASPD, CSPD, dan ATK.
Personal Stats:
(Kamu dapat memilih salah satu saat karakter mencapai level 40) 
  • CRIT (Critical): Meningkatkan rasio serangan kritis.
  • LUK (Luck): Meningkatkan rasio keberuntungan.
  • MTL (Mentality): Meningkatkan ketahanan terhadap abnormalitas status.
  • TEC (Technique): Meningkatkan rasio keberhasilan saat produksi.
Untuk mendapatkan status point yang lebih, kamu harus menaikkan level karakter, atau bisa juga diperoleh dari Emblem (sistem imbalan di Toram Online jika memenuhi kondisi tertentu).

Skill

Mirip dengan Stats, kamu tidak boleh salah dalam mendistribusikan skill point. Tentukan dari awal gaya bertarung yang kamu suka, baik itu warrior, mage, hunter, priest, ataupun kombinasi dari beberapa job class sekaligus. Toram Online memberikan kebebasan penuh kepada para pemain didalam menentukan job class karakter dan skill yang dapat dimilikinya.
Untuk memperoleh skill kamu harus membelinya di library kota, library juga dapat digunakan untuk meng-upgrade skill yang sudah kamu miliki. Berikut ini adalah screenshot dari library yang ada di Sofya City:


Terdapat 13 skill bertarung (Combat) yang terbagi menjadi 3 kategori (Weapons, Buff, dan Assist) dan 2 skill sampingan (Other). Semakin banyak skill yang kamu pelajari, semakin mahal pula harga skill baru yang akan kamu pelajari. Berikut ini adalah daftar skill yang tersedia di library:

Combat (Weapons):
  • Blade Skills
  • Shot Skills
  • Magic Skills
  • Martial Skills
  • Dual Sword Skills
Combat (Buff):
  • Guard Skills
  • Shield Skills
  • Dagger Skills
  • Knight Skills
  • Priest Skills
Combat (Assist):
  • Survival Skills
  • Support Skills
  • Battle Skills
Other:
  • Smith Skills
  • Alchemy Skills
Setiap skill memiliki skill tree, dimana untuk mempelajari skill baru kamu harus menginvestasikan 5 skill point pada skill sebelumnya. Dan mirip dengan stat point, skill point dapat diperoleh saat karakter mengalami kenaikan level atau dari imbalan Emblem. Untuk lebih jelasnya perhatikan skill tree dari Blade Skills berikut ini:


Berdasarkan skill tree di atas, skill "Astute" berada di sebelah kanan skill "Hard Hit" maka kamu harus menaikkan level skill Hard Hit terlebih dahulu hingga level 5 untuk dapat mempelajari skill Astute level 1, dan demikian seterusnya, level skill maksimum yang dapat dicapai adalah level 10.

Demikian panduan pemula game Toram Online yang dapat saya sampaikan, apabila ada pertanyaan lebih silahkan tulis pada komentar di bawah.

Selamat bermain! 

Comments

  1. sentuh icon Hard Hit nya gan, nanti ada tombol "Level Up" muncul.

    ReplyDelete
  2. kalau mengulang stats dri awal tpi gak ilang poin statsnya gimana, reset tpi di atur ulang tanpa menghilangkan ooin stats

    ReplyDelete
  3. kalau mengulang stats dri awal tpi gak ilang poin statsnya gimana, reset tpi di atur ulang tanpa menghilangkan ooin stats

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Reset Book gan, bisa dibeli pakai Orb x8.
      Stats bisa di atur ulang dari awal tanpa menghilangkan stats yang udah didapat (baik dari level karakter maupun reward emblem).

      Delete
  4. Gan cara ngebuka stat LUK (Luck) gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karakter harus mencapai level 40 gan, setelah itu akan muncul tombol "Setting" si stats window (tepatnya dibawah stat DEX).

      Tinggal tekan tombol nya, nanti ada pilihan yang muncul untuk personal stats sebanyak 4 tipe. LUK, MTL, CRT & TEC.

      Delete
  5. cara purchase skill di Lilubu gimana?
    Soalnya masih newbie jadi gatau Lilubu itu dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lilulu ada di bangunan yang namanya Library gan, sewaktu di Sofya City, tekan dan tahan tombol "Action" nanti akan muncul daftar NPC dan Portal yang ada di Sofya City, Pilih Library trus tekan action, nanti karakter akan mengarah ke lokasi tersebut.

      Delete
  6. Replies
    1. Progress game terikat sama akun google gan, kalau mau ngulang dari awal = bikin akun google baru trus ikuti langkah ini:

      1. Buka aplikasi file manager di HP, masuk ke folder Internal Storage / Sd Card> Android> Data
      2. Cari folder dengan nama com.asobimo.toramonline
      3. Rename folder tersebut dengan cara menambahkan karakter XXX atau semacamnya seperti: com.asobimo.toramonlineXXX (saya jelaskan maksudnya nanti)
      4. Masuk ke Setting> Aplikasi, cari aplikasi Toram Online dan pilih Clear Data
      5. Jika diperhatikan, ukuran data nya tidak sebesar seperti biasanya, hal ini dikarenakan folder data Toram sudah di rename terlebih dahulu pada langkah 3 tadi, sehingga sistem tidak mendeteksi adanya data tambahan dari Toram Online. Nantinya saat memulai permainan dari awal, tidak diperlukan download data lagi.
      6. Ubah nama folder data Toram Online seperti semula, com.asobimo.toramonline tanpa tambahan XXX
      7. Saat masuk game, akan muncul pilihan akun google yang ada di HH, pilih akun baru yang telah dibuat sebelumnya

      Delete
  7. gan saya pure INT .. saat komen ini saya kirim saya lvl89 total stat 224.
    kok agan total stat 209 tapi ATK dan M.ATK lebih jauh sekali ya
    saya hanya ATK : 437 dan M.ATK : 787
    punya agan ATK : 564 dan M.ATK : 1062
    kalau selisih dari item yang dipakai .. saya minta rekomendasi Item buildnya agan :)
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini equip yg sering ane pakai sekarang gan:

      Weapon:
      - Magic Device: La Lluvia (buatan player) INT+7%, MATK+7%, INT+7
      Atau
      - Staff: Icestaff Frigus (buatan player) INT+7%, MATK+7%, INT+12
      - Sub Weapon: Black Shield of Delusion (Boss) --> ini ga nambah MATK / ATK sama sekali

      Armor:
      - Armigma (buatan player) INT+7%, MATK+7%

      Additional:
      - Monocle: INT+3%, MATK+3%, M.Res 6%, CSPD+12%

      Special:
      - Philosopher Ring: INT+3%, MaxMP+300, CSPD+30%

      Semua xtal yang saya pakai cuma MP+150 gan, hehehe. Kecuali Roga di armor untuk MaxHP+1000

      Delete
  8. Gan biar mage serangannya bisa jarak jauh basic attacknya gimana ya ?? Kok gebuk2 jarak deket gitu sih

    ReplyDelete
  9. Gan biar mage serangannya bisa jarak jauh basic attacknya gimana ya ?? Kok gebuk2 jarak deket gitu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Mage ada skill khusus yg bisa bantu gan, namanya "Power Wave" dari Magic Skills Tree.

      Power Wave ini bisa nambah range/jarak serangan dari Auto Attack (basic attack), untuk penggunaan Power Wave dengan Staff & Magic Device tidak dikenakan penalty damage, jadi pas banget buat Mage.

      Ini data pertambahan jaraknya gan:

      Staff:
      7m Lv 1
      8m Lv 2
      9m Lv 3
      10m Lv 6
      11m Lv 8
      12m Lv 10

      Magic Device:
      5m Lv 1
      6m Lv 2
      7m Lv 3
      8m Lv 6
      9m Lv 8
      10m Lv 10

      Delete
    2. Knp yg buat magic device tambahannya sidikit kak?

      Delete
  10. Gan mnta pin bb/id line mau nanya skill build dual sword

    ReplyDelete
  11. Kalau buat nambahin elemen gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elemen cuma bisa ditambahkan di equipment buatan player gan, istilahnya "Player Crafted Equipments"

      Yng hanya bisa dibuat jika mengambil skill Blacksmith dan menggunakan skill Create Equipment.

      Mungkin juga terdapat 1 atau 2 xtal (crysta) yang bisa merubah elemen weapon jika tertera pada stats nya (saya sendiri belum pernah nemuin).

      Delete
  12. Gan kalo mau pakai gear bagus gaada persaratannya? Baru maen jg bisa pake gear yg bagus banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua gear tidak ada level / class limit nya gan, karakter level 1 pun bisa pakai gear seharga puluhan juta spina.

      Kecuali kalau mau bikin equipment di blacksmith NPC, player harus mencapai level tertentu agar dapat membuat equipment yang dihendaki.
      Karena equipment-equipment buatan NPC blacksmith terbagi menjadi beberapa kategori sesuai level dan stat nya.
      Misal Armor X ada di kategori Armor Lv 50-60, maka karakter harus mencapai lv 50+ terlebih dahulu.

      Delete
  13. Replies
    1. Kalau masih baru main, saran saya bikin di Blacksmith NPC / cari dari monster aja.
      Cari senjata dengan stats yang menguntungkan / mendukung karakter agan.
      Misal tipe magic cari yang nambah MATK% / INT%, tipe Warrior cari yang ATK% atau Critical, dll.

      Nanti kalau sudah ada Spina beli yang buatan player gan, senjata dengan Stats buatan player bisa nambah nilai serangan yang cukup signifikan

      Delete
  14. Replies
    1. Mungkin yang agan liat itu Avatar?

      Kalau equipment yang paling mendekati "Sayap" warna biru menurut saya ini gan:
      La Lluvia (Magic Device) dari monster: Frosti (Lv 79) di Fort Solfini: Wall

      Delete
  15. gan ane newbie nih, liat player lain kostumnya keren2 wkwk, gimana ya cara dapetin kostum? meski beli kah? mohon jawab ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka mungkin beli "Avatar" gan, bisa dibeli pakai Orb (kalau ditafsir dengan rupiah mungkin 1 orb sekitar 15 ribuan atau kurang).
      Item Avatar ini mirip Equipment namun hanya ditekankan pada penampilan, dan tampilanya menutupi equipment dasar yang dipakai.

      Tampilan keren juga bisa gratis gan, mengingat tampilan equipment (istilahnya App. / Appearance) di Toram dapat dikombinasikan sesuka hati, dari segi bentuk (remodel) maupun warna.

      Delete
  16. Gan minta recomend buat stats dong, g ngerti soalnya, saya yanh pake bow, statnya saya samain semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stats jangan di rata-in semua gan, setiap class / tipe karakter punya kelebihan dan kekuranganya masing2, stats yang dipilih banyak mempengaruhi daya serang / bertahan dari karakter tersebut.
      Satu tipe karakter pada umumnya hanya meningkatkan 1 stat utama dan 1-2 stats sekunder.
      Untuk bow misalnya:
      Stat utama: DEX --> setiap 1 DEX menambah 3 ATK (Attack)
      Stat sekunder: -AGI --> setiap 1 DEX menambah 3 ASPD (Attack Speed)
      atau...
      - STR --> setiap 1 DEX menambah 1 ATK
      Tergantung playstyle, bisa dikondisikan status sekunder yang menurut agan paling cocok, namun saran saya pertama2 DEX harus full dulu.

      Delete
  17. Replies
    1. Kunjungi postingan saya yang ini gan:

      https://indotoram.blogspot.co.id/2016/12/tips-leveling-cepat-di-toram-online.html

      Semoga membantu

      Delete
  18. Gan gimana caranya biar senjata atau armor yang dibuat di blacksmith NPC supaya gak nonbarter supaya bisa dijual,soalnya kalo saya buat senjata atau armor pasti ada tulisan nonbarter jadi gak bisa dijual

    Please jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk NPC-crafted (equipment buatan NPC) tidak bisa di Trade / Barter gan, cuma appearance-nya (tampilan) saja yang bisa dipindah2 ke equipment lain.

      Equipment yang bisa di barter hanyalah buatan player dari skill Blacksmith

      Delete
  19. Replies
    1. Maksudnya Break?
      Pertama boss harus di Flinch / Tumble / Stun dulu gan, setelah itu bagian boss yang dapat di pecah / break bakalan muncul icon lingkaran berwarna putih yang bisa di "TAP" agar pecah

      Delete
  20. Gan jelasin built skill pedang (2H) sama stat ny..
    Kebanyakan di google ngebahas mage soal ny.. masih kebiasaan seal online soal ny, ternyata toram warr ny lebih ribet.. tq before..

    ReplyDelete
  21. maaf, story quest saya nyangkut di deep
    or ruins, story awal2 setelah bicara sama pino?!?!? ada guide soal story
    quest?

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. maaf, story quest saya nyangkut di deep
    or ruins, story awal2 setelah bicara sama pino?!?!? ada guide soal story
    quest?

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. Saran: INT dulu di MAX-in buat nambah MATK (1 INT = 4 MATK kalau pake staff).
      Setelah INT penuh, isi DEX biar nambah Cast Speed + sedikit damage, atau isi VIT kalau mau pake Shield sebagai sub-weapon (biar tebel darahnya).

      Delete
  25. Gan gimana cara kirim pedang ke teman.. Kasihan dia newbie.. Gua atasnya dikit.. Trus tips build bagi swordman gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau trade / kirim equipment, cuma ada 2 pilihan:
      1. Trade yang player crafted (buatan pemain dari skill blacksmith).
      2. Cuma tampilan (appearance) yang bisa dikirim, pake skill synthesis.

      Selain itu:
      - Drop Monster / Boss,
      - Bikin di NPC blacksmith
      Nggak bisa dikirim karena ada tag "Untradeable" alias nggak boleh dikirim.

      Delete
  26. Gan mau nanya cara nge reguin karakter lama ke karakter yg baru di buat gimana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya "Accompany?"
      Masuk aja di menu select character, pilih karakter lama yang mau diregu ke yang baru, sentuh tombol "Accompany." Icon-nya mirip orang jabat tangan gitu gan.

      Delete
  27. Gan mau tanya nih. Kalau pertama kali main toram baik nya buat job apa dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, bikin Mage-Farmer dulu gan.
      - Leveling cepet,
      - banyak yang ajak party / regu,
      - cari Spina untuk awal2 mudah.

      Coba cek postingan ini gan: https://packedblogsite.blogspot.co.id/2016/12/tips-leveling-cepat-di-toram-online.html

      Delete
  28. Gan, nnya dong...
    Weapon buatan NPC itu kan statusnya Nonbarter ya... Bisa gak diilangin status Nonbarternya itu? Ane banyak bikin pedang buat temen ane yg baru main, eh tapi gak bisa dikirim wkwk 😂
    Mohon bantuannya ya gan atau kalo ada saran lain boleh dikasih tau ke ane ^^
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk equipment buatan NPC blacksmith emang semuanya "Untradeable" gan.

      Cuma Player Crafted / equip buatan player yang bisa di trade dengan player lain atau dijual.

      Kalau ingin bisa bikin equipment sendiri, player harus membeli skills tree "Blacksmith" di Library kota Sofya. Kemudian tingkatkan skill "Create Equipment" di dalamnya.

      Delete
  29. Gan. Kemaren liat ada yang pakai 2 senjata yang jobnya berbeda. Dia pakai samurai sama bawa panah. Itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan gan:

      1. Salah satu senjata yang dia pakai "Main Weapon," terus yang kedua adalah Additional Gear,

      2. atau yang kedua kemungkinan adalah Avatar.

      Delete
  30. Gan ak liat kog 1 char bisa pake 2 senjata yha katana sama busur bisa jg ulti skill semua
    Waktu itu pada pertarungan boos ga mungkin kan klo itu cuma avatar doang

    ReplyDelete
  31. Untuk karakter pedang enaknya di upgrade STR apa DEX min ? Tolong penjelasannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Gan minta saran buat mage.. skill point bagusnya naikin apa ya?? sy msh lvl 29

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru mulai fokus ke INT dulu aja, sampai full.

      Kalau main weapon pakai staff / magic device, setiap 1 poin INT = +4 MATK (magic attack).

      Delete
  33. Ane newbie nih gan. Bisa tolong di bantuin ga? Di add akun ane atau ane ngeadd akun agan mastah. Buat nanya2 agak bingung beda ama game online yg pernah ane maenin. Ane seriusin nih game. Bagi yg berminat makasih banyak, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  34. Gimana caranya, agar kita bisa bermain dengan teman yg kita kenal..?

    ReplyDelete
  35. Mas saya pengen bikin Kostum display di Toram online tapi kaga tau cara beli Equipment nya Gimana cara bli ny ya? Btw saya newbie

    ReplyDelete
  36. Gan mau nanya
    Item safe point kok di kota sofya,nggak bisa ditempat lain kah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Safe point itu teleport ke kota terakhir yang dikunjungi..mis : Sofya, Einklang, Calle Mort juga bisa pake item itu..petunjuknya ada di peta, kalo misalnya gambarnya itu menara/perkotaan sama ada tulisan 'save point'(bukan lv sekian-sekian..)..tapi item itu ngarahin ke kota terakhir, bukan kota tertentu..

      Delete
    2. Kalau ke kota tertentu lain lagi, tulisannya (bintang) (nama save point/tempat tertentu) misalnya : *Rugio Ruins, *Hora Diomedea, *Ancient Empress(meskipun yang ini dapat dari monster di sana..Dan ini bukan save point..), yah, lebih umum ke save point, ne .

      Delete
  37. Gan Kalau job spear/halberd
    Stat nya yang dinaikin apa dulu???
    Please jawab

    ReplyDelete
  38. Replies
    1. Beli gan.. Pas mau logout dari game, pilih yang plg atas, kamarku, trus beli, harganya 10.000 spina

      Delete
  39. Banyakin Max MP'a gimana yah bro?? Truz equip'a juga apa2 aja biar nambah MP?? Klo bisa sama cara dapetinnya..

    ReplyDelete
  40. Gan saya maubtanya klo upgrade weap/armor biar HP,Mp pada panjang gmn ya?

    ReplyDelete
  41. Mau nanya dong min, dmn tempat dapetin kacahaya? Soalnya mau ganti warna rambut nih. Makasih :)

    ReplyDelete
  42. Cara memakai skill hunting gmna? Saya udah beli di library. Tapi di list (buat skill) ga ada... mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  43. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. bisa dipelajari di perpustakaan tapi levelnua harus mencukupi

      Delete
  44. Ini kan mau buat karakter ke 2, disitu ada pilihan lanjutkan saat ini atau mulai dari awal... Bagusnya yg mana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya si lanjut saat ini soalnya expnya dah besar, tapi kalo kamu bisa ulang dari awal map dah terbuka semua yah gpp juga lebih banya dapat exp waktupun juga , gimana enak kamu aja :D

      Delete
  45. Cara naikin skill tree lvl 2 dan seterusnya gimana ya gan..??

    ReplyDelete
  46. Kenapa di menu logout ku gak ada kamar ku nya ya gan?

    ReplyDelete
  47. Okee aku baru aja mulai maen ni game di tahun 2019,nyesel gamain pas ni game di rilis,kampret lah trnyata se seru ini,btw infonya sangad² berfaedah min thx ya

    ReplyDelete
  48. Cara biar damage nya 10000 lebih gimanaya? Sering liat di youtube, oh saya pengguna busur

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu ke youtube mereka pada sultan pak ^.^ tapi kalo build skill bisa lah ati atilah hehe ^.^

      Delete
  49. Bacanya jadi berasa lagi nonton sword art online -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.....! ^_^ tapi ngerasa kaya bebas gitu mainnya kan, gak kaya gitu-gitu aja..
      Kalau ada boss kaplakk aja..

      Delete
  50. Cara ngirim item ke teman gimana atau ke akun ke dua gimana bang,masih pemula soalnya😁

    ReplyDelete
  51. Gan klo build samurai gimana ya baiknya?

    ReplyDelete
  52. Gan tolong DIJAWAB yaaaa...

    Cara bikin HP biar diatas 5000 buat DPS . Gimana caranya. Punyaku cuma 4860. Kalo bisa sampe 12k , caranya gimanaaaaa

    ReplyDelete
  53. Cara dapetin pet gimana ya?
    Cara nangkep pet gimanA?

    ReplyDelete

Post a Comment