Tips Leveling Cepat di Toram Online: Membuat Farmer-Mage

Tidak bisa disangkal bahwa untuk meningkatkan level karakter dengan cepat di Toram Online, kamu membutuhkan setidaknya satu karakter yang ditujukan khusus untuk ber-farming.
Farming adalah kegiatan mengumpulkan drop-item dari monster atau boss.
Hampir semua pemain Toram Online telah menyadari bahwa karakter yang paling tepat untuk digunakan ber-farming adalah "Mage" dengan skill area berjangkauan luas dan damage yang besar yaitu "Storm".


Jika kamu sudah mendapatkan skill Storm, menaikkan level karakter utama dan semua karakter alternatif hingga batas kapasitas level (level cap) bisa dilakukan hanya dalam hitungan minggu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah terus mengumpulkan item untuk ditukarkan dengan EXP di NPC.

Merasa membutuhkan Farmer-Mage? berikut ini panduan langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti:

Menyiapkan Karakter

Untuk membuat satu karakter Farmer-Mage yang ditujukan khusus untuk ber-farming, kamu dapat melakukanya dengan salah satu cara berikut:

1. Character Slot
Jika kamu masih memiliki sisa slot, saya sarankan gunakan satu khusus untuk membuat Farmer-Mage. Namun jika semua slot sudah penuh, kamu dapat membelinya dengan Orb x3 (untuk karakter slot No.3) dan harga karakter slot akan terus bertambah pada slot berikutnya sebanyak kelipatan 3, yaitu Orb x6, Orb x9, Orb x12 dst.

2. Karakter Utama dengan Build INT
Storm adalah salah satu skill dari Magic Skills tree, sehingga INT adalah status yang paling tepat untuk menghasilkan damage paling besar.

3. Reset Status
Jika kamu tidak ingin membuat karakter lagi dari awal, "Reset Book" adalah salah satu pilihan. Orb x8 juga dapat digunakan untuk me-reset status, namun saya tidak menyarankan cara ini mengingat Orb dan Reset Book adalah item premium (dibeli dengan uang nyata) jadi simpanlah baik-baik Orb yang sudah kamu dapatkan secara gratis untuk kebutuhan mendesak saja.

Menentukan Stats

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa INT adalah base stats terbaik untuk menghasilkan damage paling besar menggunakan magic skill Storm. Namun perlu dipertimbangkan bahwa seorang farmer memiliki tugas untuk mengumpulkan drop item, sehingga rasio drop yang tinggi juga dibutuhkan. Personal stats LUK dapat meningkatkan drop rate (rasio perolehan item dari monster) sebanyak 1% per 10 stat point.

Pada dasarnya terdapat 3 tipe Farmer-Mage sebagai berikut:

1. Pure INT
Mendistribusikan seluruh stat point yang dimiliki untuk INT, tipe ini lebih mengutamakan damage daripada drop rate, kelak jika sudah mencapai level-cap dan equipment yang sesuai telah didapatkan, hampir semua monster yang ada di lokasi farming dapat dikalahkan hanya dengan 1-2x hempasan skill Storm.

Kelebihan:
  • Damage besar, dapat mengalahkan monster hanya dalam 1-2 hit.
  • Rasio kill/minute (jumlah monster yang dapat dikalahkan dalam 1 menit) lebih tinggi.
Kelemahan:
  • Rasio drop rate cenderung rendah.

2. Pure LUK
Mendistribusikan seluruh stat point yang dimiliki untuk LUK, memiliki "Luck" tinggi yang berarti keberuntungan sangatlah membantu untuk mendapatkan drop yang tergolong langka (rare/ uncommon) dari monster. Perbedaan yang terjadi memang tidak terlalu signifikan, namun terbukti "Ada".

Kelebihan:
  • Rasio drop rate sedikit meningkat.
Kelemahan:
  • Rasio kill/minute rendah, karena damage yang dihasilkan tidak terlalu besar.

3. Hybrid
Dengan mengkombinasikan stat INT dan LUK, kamu dapat membuat Farmer-Mage sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kamu menginginkan drop rate tinggi namun dapat sedikit diandalkan untuk mengalahkan monster maka distribusi stat yang ideal adalah 1:3 (INT:LUK) begitu pula sebaliknya.

Menentukan Equipment

Satu equipment utama yang harus kamu dapatkan secepatnya sebagai seorang Farmer-Mage adalah "Magic Device". Kenapa? Karena kamu bisa terbang menggunakan Magic Device.


Tentu saja bukan itu tujuan utamanya (lol) meskipun bisa melayang di atas tanah pastinya sangat menyenangkan.

Jika menggunakan Magic Device sebagai Main Weapon, kamu akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:
  • Menambah MATK sebanyak 4 poin per 1 INT. Storm adalah magic skill, sehingga memiliki magic attack (MATK) yang tinggi akan memperbesar damage dari Storm.
  • Memperluas jangkauan skill area atau AoE (Area of Effect) seperti Magic: Wall dan Magic: Storm.
Bagaimana cara memperolehnya?

1. Drop Monster
"Magic Feather" adalah Magic Device termudah yang bisa didapatkan dari drop monster. Nama monsternya adalah "Farfala" level 13 yang bisa kamu temukan di Ruined Temple Town.

2. Membuat di Blacksmith NPC
Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bantuan blacksmith di town/ city. Salah satu Magic Device dengan bahan/ resep yang paling mudah untuk didapatkan adalah "Magic Feather" berikut bahan yang dibutuhkan:
  • Turbid Crystal x5 dapat diperoleh dari: Night Mushroom (Lv 10) di Reug Salt Plains: Wanderers Plain.
  • Mana x15 dan Cloth x10 dapat diperoleh dari: Proses material tipe Mana dan Cloth di blacksmith.
3. Consignment Board
Jika kamu beruntung, biasanya terdapat banyak Magic Device yang dijual sangat murah di sini. 5,000 Spina (bahkan bisa kurang) sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan Magic Device pertama kamu.

Menentukan Skill

Sebagai seorang farmer, karakter harus memiliki skill tipe area agar dapat membunuh monster dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga drop item akan cepat terkumpul. Berikut ini adalah skill-skill penting yang harus kamu beli dari "Lilulu" di "Library" kota:

Magic Skills:
1. Magic: Arows [Level 5: Prasyarat]
Menembakkan anak panah sihir, jumlah anak panah yang ditembakkan meningkat sesuai level skill.
Hanya sebagai syarat agar kamu dapat meningkatkan skill "Magic: Wall".

2. Magic: Wall [Level 5: Prasyarat, Level 10: Opsional]
Membuat dinding sihir di sekeliling tempat berdiri.
Magic: Wall adalah skill area pertama yang dapat kamu miliki. Sebelum memiliki Storm, kamu akan sering menggunakanya, sehingga menaikkan level Wall hingga 10 bisa menjadi pilihan.

3. Magic Blast [Level 5: Prasyarat]
Mengempaskan monster-monster di sekitar dengan mana.
Skill ini juga hanya sebagai syarat agar kelak kamu dapat mempelajari skill Storm.

4. Storm [Level 10: Penting]
Inilah skill sejati bagi seorang farmer, jangkauan Storm sangatlah luas (jika menggunakan Magic Device sebagai Main Weapon) dan damage yang dihasilkan juga sangat besar. Pada skill level 10, storm akan mengenai monster yang terhisap di dalamnya sebanyak 6 kali. Akan tetapi, Storm termasuk di dalam Magic Skills level 3 (salah satu karakter harus mencapai level 70 untuk dapat membelinya) sehingga membutuhkan waktu untuk bisa memperoleh skill ini.

5. MP Charge [Level 10: Penting]
Mengembalikan MP sebanyak 300 poin pada level 10 (cast time 3 detik).
Saat ber-farming, kamu akan sering menggunakan skill Storm yang memakan 400 MP. Sehingga MP Charge sangatlah dibutuhkan agar kamu dapat terus menerus menggunakan skill, atau yang biasa disebut dengan istilah "Spam".

Survival Skills: 
6. Drop Rate Up [Level 10: Opsional]
Meningkatkan drop rate per level, sehingga maksimal dapat diperoleh +10% drop rate.
Sebagai seorang farmer drop rate sangatlah penting, mengingat kegiatan yang dilakukan hanyalah mengumpulkan drop item dari monster. Drop item monster biasanya terbagi menjadi common, uncommon dan rare.

7. Safe Rest [Level 5: Prasyarat, Level 10: Opsional]
Meningkatkan regenerasi HP natural, saat kamu tidak sedang dalam posisi bertarung HP akan terisi dengan sendirinya. Skill ini berfungsi untuk menambah jumlah HP yang terpulihkan per sekian detik.

8. HP Boost [Level 10: Penting]
Meningkatkan 100 MaxHP + 2% per level. Farmer biasanya melakukan kegiatan farming selama berjam-jam, sehingga ketahanan terhadap serangan monster sangatlah dibutuhkan agar dapat melakukan farming dalam waktu yang cukup lama tanpa harus mati.

9. Short Rest [Level 5: Prasyarat, Level 10: Opsional]
Mirip dengan Safe Rest, namun berfungsi untuk MP. Short Rest berbeda dengan Attack MP Recovery (AMPR) dimana kamu bisa memulihkan MP dengan melakukan auto attack (serangan standar) terhadap monster. Short Rest hanya akan berfungsi saat karakter tidak sedang dalam posisi bertarung.

10. MP Boost [Level 10: Penting]
Meningkatkan 300 MaxMP pada level 10. Farmer-Mage tidak bisa lepas dari skill Storm, padahal Storm membutuhkan 400MP (4 bar) untuk mengaktifkanya, sehingga MP yang banyak sangtlah dibutuhkan agar dapat melakukan spam skill Storm.

Alchemist/ Blacksmith Skill
11. Process Material [Level 1: Penting]
Memproses item menjadi material untuk produksi. Selain bermanfaat untuk meningkatkan poin material produksi, Process Material juga sangat berguna untuk mengosongkan bag (tas) dalam sekejap, karena kamu dapat melakukan proses massal (fitur switch) terhadap kategori item sejenis (beast/ cloth/ metal dll.). Skill ini akan terasa sangat berguna saat kamu sedang berada di dalam sebuah party, kamu tidak ingin membebani anggota party lain dengan berlama-lama men-discard item satu per satu saat bag penuh bukan? Atau kemungkinan terparahnya kamu bisa di kick dari party (lol).

Baik, setelah persiapan karakter selesai, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk menaikkan level karakter pada rentang tertentu:

Level 1-12

Pergilah ke salah satu field pertama dari Sofya City, kamu dapat memilih "Land Under Development", "Underground Channel" atau "Rakau Plains". Kalahkan monster apapun yang kamu temui, dan jika kemajuan EXP dirasa sudah semakin lambat, majulah ke 1 field berikutnya dari field tersebut. World Map atau peta dari Toram Online dapat kamu lihat di sini dan daftar monster di lokasi tertentu dapat dilihat di sini.

Level 12-25

Kamu dapat melakukan cara seperti sebelumnya untuk mencapai level 25, atau jika menginginkan cara yang lebih cepat, pada level 12 karakter yang kamu mainkan sudah dapat mengambil quest dengan imbalan EXP sebesar 11.400 poin. Quest ini bernama "Small Articles in the Temple", kamu bisa mengambilnya dari NPC Lefina.


Yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan item kategori metal bernama "Small Article" sebanyak 30 buah dari monster bernama "Goblin". Monster ini dapat kamu temukan di map "Ruined Temple" Area 1 dan Area 2. Goblin memiliki Spawn Point (lokasi munculnya monster) yang berdekatan atau bergerombol, sehingga skill area sangatlah berguna di sini, pada rentang level ini kamu seharusnya sudah dapat menggunakan skill "Magic: Wall".

Level 25-27

Sekarang kamu sudah bisa melakukan quest dengan imbalan sebesar 15.360 EXP yaitu "The Overlooked Snack" yang dapat diambil dari NPC Zono.


Tugas yang diberikan adalah mengumpulkan "Bitter Nut" sebanyak 30 buah, kamu bisa mendapatkanya dari "Shell Mask" di "Nisel Mountain". Farming spot (tempat melakukan farming) terbaik di Nisel Mountain adalah "Nisel Mountain: Mountainside", di atas sebuah bukit yang dapat kamu lihat dari screenshot berikut ini:


Untuk mencapai lokasi tersebut, kamu harus memanjat sebuah tangga yang terbuat dari tanaman rambat (dengan menyentuh tombol "Action") dan berikut ini adalah screenshotnya:


Kamu akan mendapatkan 4 macam drop dari Shell Mask, yaitu:
  • Thorny Twig [Dagger]
  • Woodchip
  • Nisel Wood
  • Bitter Nut
Process atau discard Thorny Twig dan Woodchip, tukarkan Bitter Nut untuk quest "The Overlooked Snack" dan simpan Nisel Wood untuk quest berikutnya.

Level 27-50

Saat karakter mencapai level 27, quest dengan imbalan 10.080 EXP akan tersedia di NPC "Yunis" dan nama quest tersebut adalah "Timber Shortage".


Tugas yang diberikan adalah mengumpulkan "Nisel Wood" sebanyak 30 buah. Sudah menyadari keuntungan dari quest ini? Ya, Nisel Wood juga didapatkan dari Shell Mask, monster sama yang memberikan drop item Bitter Nut. Sehingga dalam satu farm spot dan satu jenis monster, kamu dapat mengumpulkan 2 jenis item sekaligus untuk 2 quest yang berbeda.
Lakukan 2 quest ini secara bersamaan hingga karakter mencapai level 50, dan mendapatkan quest EXP selanjutnya. Atau jika ingin memperoleh skill Storm terlebih dahulu (agar bisa mendapatkan party dengan mudah) kamu bisa melakukan 2 quest ini hingga level 70.

Level 50-Cap

Cara terbaik dan terakhir untuk memaksimalkan level karakter "Nightmare Crystal", komunitas biasa menyebutnya dengan NC farming. Quest dapat kamu ambil dari NPC Lefina yang bernama "Pride of the Rich" tugas yang diberikan adalah mengumpulkan "Nightmare Crystal" sebanyak satu stack (99 pcs) dengan imbalan sebesar 300.000 EXP. Nightmare Crystal dapat kamu peroleh dari monster "Nightmare Roar" yang berada di "Ancient Empress Tomb".

Untuk dapat mengambil quest ini, kamu harus memenuhi 2 syarat sebagai berikut:
  1. Salah satu karakter telah mencapai level 50.
  2. Story Mission harus sudah mencapai area Ancient Empress Tomb.
Lokasi yang terbaik adalah di sebuah ruangan berbentuk persegi di Area 3, berikut ini screenshotnya:


Jangan lupa jika level karakter sudah mencapai 70, belilah Magic Skills Lv3 agar dapat menggunakan skill Storm. Party yang sedang farming biasanya hanya akan mengundang (invite) pemain yang memiliki skill Storm dan menggunakan Magic Device.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar. Terima kasih dan selamat ber-farming!

Comments

  1. Apakah menambah karater baru akan menghapus karakter yg sekarang di pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga akan hilang gan. malahan jadi 2 karakterny

      Delete
    2. Tidak gan, selama membuatnya di slot baru. Karakter tidak akan terhapus kecuali agan memilih "Delete" dari daftar karakter.

      Maaf baru bisa balas, sibuk pekerjaan gan. Hehe

      Delete
  2. Caranya ngejual item pake register board gmana ya gan

    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan berdiri di depan Consignment Board, pilih "Use Consignment Board" kemudian pilih Register/Collect.

      Setelah itu, pilih "Register Item" dan "Select Item" atau pilih item yang hendak dijual.

      Sentuh item yang ingin dijual, kemudian pilih "Select" (atau bisa di sentuh 2x item yang ingin dijual).

      Jika item yang dijual lebih dari satu, agan akan diminta untuk menentukan jumlah dengan tombol ">". Kemudian pilih "Select" lagi.

      Sentuh "Determine Price" untuk menentukan harga. "Price" adalah harga total dari item yang agan jual, dan "Unit" adalah harga item nya 1pcs. Setelah harga ditentukan, sentuh "Confirm"

      Langkah terakhir klik "Register".

      Agan tinggal menunggu ada yang beli. Jika sudah laku terjual, untuk menerima bayaran sentuh "Collect".

      Agan bisa mendaftarkan 10 jenis item berbeda sekaligus pada CB.

      Maaf telat balas, sibuk pekerjaan. Hehe

      Delete
  3. skill strom dapat dari mana? di libary ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill "Storm" termasuk di dalam "Magic Skills", sewaktu beli skill di Library, pilih: Combat Skills > Weapon Skills > Magic Skills.

      Syarat untuk mendapatkan Skill Storm:
      - Salah satu karakter mencapai Lv 70.
      - Membeli Magic Skills Lv 3 di Library.

      Syarat upgrade Magic Skills:
      - Magic Skills Lv 1: Karakter Level 1
      - Magic Skills Lv 2: Karakter Level 30
      - Magic Skills Lv 3: Karakter Level 70

      Jika sudah membeli Magic Skills Lv 3, agan bisa unlock skill storm dengan syarat minimal sbb:
      - Arrow Level 5
      - Wall Level 5
      - Blast Level 5

      Info: Untuk meningkatkan level skill dari Magic Skills tree, akses Menu > Character > Skills > Magic Skills > Pilih Skill > Level Up.

      Delete
  4. Cara nginvit member untuk maen bareng gimana ya gan, mohon infonya ....

    ReplyDelete
  5. Cara nginvit member untuk maen bareng gimana ya gan, mohon infonya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu agan lihat ada member lain sentuh karakternya, kemudian dari menu yang muncul di sebelah kanan pilih "Invite to Party".
      Atau bisa juga dari Chat Box, caranya: Scroll / seret chat box ke atas sampai penuh, sentuh nama pemain kemudian invite to party.
      Pemain yang lagi nyari party (main bareng dalam grup) biasanya ngetik: "LFP" atau looking for party.

      Delete
  6. Untuk menentukan stat hybrid tdi gmna ya bng? Menaikan luk nya dmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LUK (Luck) adalah satu dari 4 personal stat yang bisa dipilih gan, bisa didapat kalau karakter sudah mencapai level 40.

      Kalau sudah mencapai lv 40, nanti dibawah stat "DEX" bakalan muncul tombol setting untuk nentuin personal stat yang mau agan pilih.

      Pilihanya ada: CRIT, LUK, MTL & TEC

      Delete
  7. Replies
    1. Paling cepet dari reward Emblem Friends gan, invite aja semua player yang ada di kota.

      Delete
  8. Bagaimana mendapatkan skill MP boost?. Penting banget soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MP Boost dari Magic Skills gan, beli di Library Sofya City, nama NPC nya Lilulu.
      Sewaktu beli pilih nya dari Combat > Weapons > Magic Skills

      Delete
  9. gan kok cara bikin revita 1 di skill alchemy rugi banget yadari 99x3 slot flower nectar cuman jadi gak sampe 50 revita 1 sedangkan di ahlinya kalo flower nectar sebanyak itu bisa jadi semua ga ada yang gagal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tingkat kesuksesan untuk Item Synthesize dipengaruhi oleh Proficiency / Difficulty gan.

      Sewaktu di menu craft Revita I, dibagian kiri bawah ada tulisan "Item Difficulty [misal] 100/10" itu artinya tingkat difficulty kita berada di level 100, sedangkan difficulty minimal yang dibutuhkan untuk craft Revita I adalah level 10.
      Semakin besar selisih level nya, maka semakin tinggi tingkat sukses nya gan. Menurut pengalam, difficulty 100 level di atas item-difficulty dijamin 100% sukses.

      Nah untuk meningkatkan difficulty ada beberapa cara:
      -Tingkatkan proficiency, semakin sering craft maka level proficiency akan meningkat. Dengan catatan: craft item yang item-difficulty nya maksimal 10 level di bawah proficiency. Jadi jika agan craft Revita I (diff: 10) pada proficiency level 30, level proficiency tidak akan meningkat. Setiap 1 evel 1 profiviency akan memberikan 1 level pada difficulty.
      -Gunakan personal stat TEC, setiap 2 stat point TEC akan memberikan 1 difficulty.
      -Stat DEX dan Equipment DEX+/DEX%, setiap 6 point DEX akan memberikan 1 difficulty.

      Semoga membantu :)

      Delete
  10. Cara kembalikan skill yg hilang gmna ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill nya hilang gimana gan? Skill tidak bisa hilang kecuali di reset, kalau mau beli lagi di Library Sofya City

      Delete
  11. Gan stat blacksmith apa aja
    Pakai str atau yang lain biar enak prof

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau dapet Prof. maksimal, fokus ke 1 atau 2 stat aja gan. STR untuk 2-Handed Sword, INT untuk staff, VIT untuk armor dsb.

      Delete
  12. Gan klo uda dpt magic feather buat jd magic device gmn ya? Ap k blacksmith ubah jd mana? Bingung nih nubi saya..
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Magic Feather tuh nama salah satu magic device gan, heheheh. Langsung di Equip aja

      Delete
  13. Gan klo uda dpt magic feather buat jd magic device gmn ya? Ap k blacksmith ubah jd mana? Bingung nih nubi saya..
    Thx

    ReplyDelete
  14. Gan mau nanya cast time, untuk mempercepat cast time itu hrus cast time - or + ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cast Time dipengaruhi ama stat CSPD (cast speed) gan, semakin gede CSPD, semakin berkurang pula cast time nya (semakin cepat). Jadi cari equip yang CSPD+ atau CSPD%+

      Delete
    2. Oh gituu kirain minus, soalny xtal moonlight cast speed -90%

      Delete
    3. Gan, contoh equip cspd+ buat mage apa aja yah?

      Delete
  15. gan ane mau tanya katanya ada tips yang bilang bisa farming tapi ngga make Process biar ngga repot katanya sih caranya bikin satu stack cuma isi 98 item tapi itu gimana yah maksudnya mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lebih dikenal dengan istilah "Cetakan" gan. Caranya kalau isi bag sudah penuh dengan item, misal nightmare crystal sebanyak 40 stack (x99) = trade / jual kepada pemain lain tapi jangan sebanyak x99 setiap slot nya, tapi x98. Sehingga nanti di bag agan akan tersisa nightmare crystal sebanyak 1 buah saja setiap slot nya sebanyak 40 slot. Dengan cara ini material lain tidak akan drop saat farming, karena bag sudah penuh dengan 1 tipe item (1 item per slot sebanyak 40 slot).

      Bisa juga kirim melalui "Gift" ke akun alternatif sebanyak x98, ingat untuk sisakan 1 item per slot.

      Delete
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Kalau untuk farmer-mage sendiri DEX tidak diperlukan gan, atau lebih tepatnya belum diperlukan untuk level cap saat ini.

      DEX hanya meningkatkan sedikit MATK dan CSPD, tidak terlalu berguna untuk build Mage khususnya tipe farming.

      Kalau untuk DPS mage (build mage dengan orientasi damage untuk melawan boss / bossing) mungkin akan sedikit membantu.

      DEX umumnya digunakan oleh pengguna Bow / Bowgun / 1-handed Sword untuk meningkatkan phisycal attack (ATK).

      Delete
  18. Maff min mau nanya klau aku ambil skill yg manah ad nda skill
    buat nambah dex??

    ReplyDelete
  19. Maff min mau nanya klau aku ambil skill yg manah ad nda skill
    buat nambah dex??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau skill untuk nambah base stat (DEX, STR, INT, dll.) sepengetahuan saya ndak ada gan. Ada juga paling "Attack Up" untuk sedikit nambah attack, kalau didalam shot skills tree ada skill passive yang namanya "Shot Mastery" yang bisa meningkatkan damage untuk bow / bowgun sbb:
      (ATK dari Weapon x 0.03 x Level Skill Shot Mastery)

      Kalau untuk meningkatkan DEX dengan Weapon & Armor, mungkin bisa pakai buatan player yang punya stat DEX7% gan.
      Semoga membantu :)

      Delete
  20. gan kok quest "Small Articles in the Temple" belum kebuka ya? padahal level udah lebih (sekarang level 19)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tulisan "Insufficient Progress" kah?
      Kalau ada berarti MQ / Main Quest / Story Missions harus dikerjakan dulu gan, sampai setelah ngalahin boss "Minotaur" saya rasa sudah cukup.

      Delete
  21. Bang cara dapetin mana sama cloth itu gimana ya saya masih ga ngerti sama penjelasan yg di ats

    ReplyDelete
    Replies
    1. Material yang drop dari monster dikategorikan jadi 6 tipe gan, ada:
      Metal, Cloth, Beast, Wood, Medicine dan Mana.

      Sebagai contoh monster Raffy di Rakau Plains, drop nya ada: Short Nail (termasuk Beast material, dilambangkan dengan icon kuku binatang buas) dan Animal Skin (termasuk Cloth material, dilambangkan dengan icon kain).

      Bawa item ini ke Blacksmith di kota, bicara ke blacksmith nya dan pilih Process Material dan rubah item2 tadi ke dalam bentuk Material Points. Material Points yang agan punya dapat dilihat dari Menu> Character> Stats> Production.

      Untuk material mana, dapat diperoleh dari Night Mushroom di Reug Salt Plains (terdekat) mereka drop Turbid Crystal yg dapat di proses ke Mana.

      Delete
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    ReplyDelete
  23. Itu syarat questnya chapter berapa ya saya sampai sekarang belum buka2 quest lv 50nya

    ReplyDelete
  24. Itu syarat questnya chapter berapa ya saya sampai sekarang belum buka2 quest lv 50nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau salah satu karakter sudah ada yang level 50, namun quest "Pride of the Rich" masih belum terbuka karena ada tag dengan tulisan "Insufficient Progress", maka Story Missions harus dikerjakan dulu gan. Sampai setelah mengalahkan Ancient Empress Mezaluna saya kira sudah cukup.

      Delete
  25. gan aku kan punya char satu lagi jobnya dual sword, tapi masih level 1, nah biar charnya bagus skill ama stat yang harus diisi apa aja ya? saya minta saran agan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk damage menengah, stability yang bagus dan AMPR tinggi
      menurut saya:
      DEX: 150 (untuk damage main weapon)
      sisanya dibagi merata / sesuai selera untuk:
      AGI: (Attack speed, damage sub-weapon)
      STR: (Critical damage, sedikit damage sub-weapon)

      Untuk skill pasif yang penting:
      Blade: Sword Mastery, Quickslash
      Dual Sword: Dual Sword Mastery,Control, Godspeed

      Untuk Skill aktif:
      Blade: Astute, Trigger Slash (sebagai buff)
      Dual Sword: Phantom Slash (penghasil damage utama)

      Untuk weapon, saya sarankan gunakan yang memiliki ATK+% & Critical. seperti a7c121212
      Untuk armor, crit damage & critical. seperti cd7c121212

      Additional & Special equip pilih yang punya AMPR+ (Attack MP Recovery) karena keuntungan dari Dual Sword adalah memiliki AMPR 2x lipat dari class lain, sehingga pemulihan MP saat melawan musuh sangatlah cepat. Sangat bermanfaat untuk melancarkan skill-skill MP besar / combo pendek.

      Delete
    2. sekalian deh gan kalo buat bow apa aja? terus kalo senjata lebih baik gunbow atau bow biasa?

      Delete
    3. Sory ga lihat komen nya gan, hehehe.

      Kalau untuk Bow / Bowgun stat yang dipakai DEX buat nambah ATK gan,
      - Bow = 1 DEX = 3 ATK
      - Bowgun = 1 DEX = 4 ATK

      Delete
  26. Bro... kok di char gue gak bisa ambil combo lvl udah 65, skill yang diambil juga udah 10. Tapi disini tetep gak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 Combo point pertama harus diperoleh dari reward emblem gan, yang mana karakter harus memiliki 10 skill berbeda.
      Untuk meningkatkan combo level kedepan nya, cukup gunakan combo secara terus menerus aja.
      Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi tulisan saya di sini:

      https://indotoram.blogspot.co.id/2017/01/penjelasan-skill-combo-di-toram-online.html

      Delete
  27. Replies
    1. Ada beberapa cara bro,
      - Attach xtal MP+150 di equipment yang punya slot xtal
      - Ambil skill MP Boost di Survival Skills Tree
      - Pakai equipment yang punya MP+ sekian, seperti special equipment seri "Talisman III" yang bisa nambah MP sebanyak 400 poin atau 4 bar, tinggal disesuaikan saja dengan build karakter. Misal Muscle Talisman III nambah 400 MP dan 6 STR, Dexterity Talisman III nambah 400 MP dan 6 DEX, dsb.

      Delete
  28. Gan, adakah trik klo mau nambah revita? Newbie br mau main game, awal² blm tau cara bertarung & menghindar dr monster² jdnya auto revita (gift) bnyk yg kapake.. kepikiran mau restart trs login pake id google baru, biar ngulang semua dr awal, apa bisa gan?
    Klopun bs sayang jg lv yg skrng udb 26

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bikin Revita sendiri, saya sarankan pakai karakter baru di karakter slot gan, (stat full TEC) Ini nantinya bisa dipakai untuk bikin Revita, isi stats di equipment, Lock pewarna / tampilan, refine equipment, dll.

      kalau mau reset dari awal, ini langkahnya gan:

      1. Buka aplikasi file manager di HP, masuk ke folder Internal Storage / Sd Card> Android> Data
      2. Cari folder dengan nama com.asobimo.toramonline
      3. Rename folder tersebut dengan cara menambahkan karakter XXX atau semacamnya seperti: com.asobimo.toramonlineXXX (saya jelaskan maksudnya nanti)
      4. Masuk ke Setting> Aplikasi, cari aplikasi Toram Online dan pilih Clear Data
      5. Jika diperhatikan, ukuran data nya tidak sebesar seperti biasanya, hal ini dikarenakan folder data Toram sudah di rename terlebih dahulu pada langkah 3 tadi, sehingga sistem tidak mendeteksi adanya data tambahan dari Toram Online. Nantinya saat memulai permainan dari awal, tidak diperlukan download data lagi.
      6. Ubah nama folder data Toram Online seperti semula, com.asobimo.toramonline tanpa tambahan XXX
      7. Saat masuk game, akan muncul pilihan akun google yang ada di HH, pilih akun baru yang telah dibuat sebelumnya

      Delete
  29. Gan cara memperluas skill storm untuk weapon staff gimana ..udah lv 10 tp gak seluas magic device

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang sudah karakter dari masing-masing weapon nya gan,

      Magic Device
      -Keunggulan: jangkauan skill area lebih luas, ASPD tinggi
      -Kelemahan: tidak bisa menggunakan sub weapon, Stats yang dimiliki masih kalah dengan staff = baik drop monster / NPC / buatan player.

      Staff:
      - Keunggulan: Memiliki stats yang lebih superior dibanding Magic Device yang saat ini tersedia, Base ATK lebih tinggi
      - Kelemahan: jangkauan skill area seperti wall dan storm lebih sempit

      Delete
  30. Berarti karakter pertama awal main g di saran kan mage ya? Soal ny g bs ngambil skill Storm.. Trus yg enak apa

    ReplyDelete
  31. Toram sangat berbasis pada farming dan RNG gan (Random Number Generator).
    Untuk mengumpulkan uang di dalam game, mendapatkan equipment kelas atas dan meningkatkan level karakter, pemain harus sering ber-farming material dari monster normal maupun boss.

    Untuk pemain baru, pasti akan mengalami kesulitan untuk bossing, sehingga saya menyarankan karakter mage agar dapat melakukan farming pada monster2 normal.

    Kalau karakter yang agan mainkan adalah karakter utama / satu2 nya di akun tersebut, ikuti terus Story Mission agar cepat naik level, saat mengalami kesulitan melawan boss, pilih difficulty easy.

    Untuk dapat mengambil skill storm, syarat2 berikut harus terpenuhi:
    -Salah satu karakter mencapai lv 70
    -Membeli Magic Skills di Library Sofya City
    -Urutan skill yang harus dipelajari terlebih dahulu (minimal lv 5) adalah: Arrow > Javelin > Lance > Impact > Storm

    ReplyDelete
  32. gan di saya kan misalkan ada bnut sebanyak 1slot=30bnut,nah saya pengennya 1slot=1bnut jadi kayak disebarin isi bag saya semuanya bnut cuman masing" slot isinya minimal 1bnut,gimana gan caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma ada 2 cara gan:
      -Trade / Jual ke pemain lain, sewaktu Select Item, sisakan 1 biji setiap slot nya, jadi tentukan jumlah 29 setiap 1 slot.
      -Kirim via GIFT system ke pemain lain / akun alternatif.

      Delete
  33. Gan fungsi gem buat apa yah?
    Trus cara makainya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi Gem buat menambahkan efek tertentu sewaktu Boss Battle gan, seperti tambahan Stats, EXP atau Drop Rate.

      Sewaktu ingin melawan boss, pilih "Use Support Items" maka nanti pilihan untuk menggunakan Gem yg agan punya bakalan muncul, baik Gem regular di Bag maupun Gem premium dari orb shop.

      Biasanya ada pemain yang menjual jasa "Gem Run" untuk Super Rare Gem, Legendary Gem atau Ultimate Gem (base drop rate dari boss meningkat dari 50% ~ 100%).

      Delete
  34. gan akhir" ini ane sering liat istilah bot/zombie, jadi orangnya farm nc tapi dia gak ngapa"in (gak mainin hp), itu caranya gimana gan😏, walaupun mungkin gak recomended tapi saya pengen tau🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ulah hacker gan, dia pake script (kode2 dengan bahasa pemrograman komputer) buat record aktivitas yg sifatnya repetitif (berulang-ulang). Misalnya dia nulis script kaya gini:
      -perangkat akan mensimulasikan touch tombol shortcut A terus menerus (misal Magic:Storm)
      -sewaktu ada pesan tertentu dari aplikasi (misal MP habis) maka simulasikan touch pada tombol shortcut B (misal MP Charge)

      Semacam itu cara kerja bot script (aktivitas yang dikerjakan robot / script secara otomatis)

      Ada juga bot yang levelnya masih rendahan, seperti menggunakan Repetitouch (Android Root), Emulator Android NOX atau Bluestack.
      Aplikasi-aplikasi tersebut cuma bisa merekam & menjalankan macro, seperti perintah untuk mensimulasikan touch pada area layar / screen tertentu.

      Delete
  35. Replies
    1. Minimal salah satu karakter harus mencapai level 30 gan, baru nanti bisa beli di Library Sofya City, nama NPC: Lilulu.

      Delete
  36. Bang Yogi, kan katanya buat naikin magic skill ke lvl 3 maka karakternya minimal harus lvl 70 atau punya karakter lain yg minimal lvlnya 70. Nah, kalo mage ane masih level kecil tapi ane punya karakter lain (dual swords) lvl 70, gimana caranya biar ane bisa upgrade magic skill ke lvl 3 untuk si mage? Kalo ane upgrade di library pas pakai karakter lvl 70 itu (dual swords), bukannya nanti magic tree-nya magic skills cuman ada di karakter tersebut dan gak ada di karakter mage? Trus kalo mau upgrade di library pakai karakter mage (yg masih underleveled), bukannya masih gak bisa karena level mage tersebut belom 70? Sorry pertanyaan newbie, maklum baru main 2 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa beli Magic Skills Lv 3 pakai karakter Mage underleveled nya gan, soalnya Dual Swords sudah Lv 70.

      Di salah satu akun alternatif (buat nyimpen barang2 doang) Saya punya Mage Lv 50-an bisa beli Magic Skills Lv 3 dan bisa dapetin skill Storm karena punya Dual Swords Lv 75 di akun tersebut.

      Delete
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    ReplyDelete
  38. Gan biar jurus bisa berelemen api, cara dapetinnya gmn ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill / jurus ber-elemen bergantung pada elemen weapon nya gan, kalo weapon nya Fire Element, maka nti beberapa jurus tertentu akan ber-elemen api.

      Delete
  39. gan ada quest khusus supaya dapet item yg bisa reset skill, saya mau reset skill total

    ReplyDelete
  40. sayangnya ga ada gan,
    untuk reset skill total butuh item Premium-Only namanya Book of Oblivion, seharga 30 Orb (kalau dalam rupiah mungkin sekitar Rp. 300.000,- xD )
    Kalau hanya satu skills tree saja, pakai Notebook of Oblivion seharga 10 Orb.

    ReplyDelete
  41. Gan mau nanya bar np ane tadinya ada 5 trus kok tiba2 jadi 2 itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan gan:

      1. Melepas equipment dengan MP+ yang tadinya dipakai.
      2. Efek dari potion MP+ yang sudah habis
      3. Mengenakan equipment yang ada negative stat MP nya (MP-)

      Delete
    2. Iy gara2 ane lepas ring jadi gitu ternyata, thanks gan infonya

      Delete
  42. Replies
    1. Beli Pet Skills gan, trus harus beli Pet Cage juga di Merchant.

      Atau beli di Consignment Board

      Delete
  43. Replies
    1. Logs apa maksudnya gan? kalau item name logs setahu saya tidak ada.

      Kalau maksudnya chat logs, bisa di akses dari chatbox dibagian bawah layar, trus di scroll ke atas, disamping kanan ada menu filter buat show/hide chat log apa saja yang mau ditampilkan atau tidak. Sperti shout, whisper, combat log.

      Delete
  44. Hai, mau nanya dong. Main char aku kan pake 1h sword gitu, level 88, trs gatau knp total atknya kecil banget. Padahal skill pointnya udah fokus sama str sama dex. Padahal udh pake ilwoon juga yg atknya 105. Di blacksmith sih itu udh bagus utk levelku. Tp tetep aja total atknya cuma 400an. Gimana ya buat naikin total atknya? Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya char lain tuh bisa sampe 1000an lebih utk levelku huh

      Delete
    2. Untuk general stats Attack, nilainya dipengaruhi oleh:
      1. Tipe Main weapon yang dikenakan.
      2. Base stats (STR, INT, DEX, dll.)

      Nilai Attack dari Ilwoon adalah base Attack, yg digunakan untuk kalkulasi damage serangan sesuai formula yg sudah ditentukan.

      Jika 1H dikenakan sebagai main weapon, maka setiap 1 stat poin dari:
      STR = Menambah Attack sebesar 2 poin
      DEX = Menambah Attack sebesar 2 poin (sama)

      Saya asumsikan pada level 88, dengan distribusi stat poin sbb:
      STR: 90
      DEX: 90

      dan Main Weapon yang dikenakan adalah Ilwoon (1H)
      maka seharusnya Attack akan berkisar di angka 500-600 an.

      Kalau Attack masih dibawah 500, kemungkinanya adalah ada salah satu atau beberapa Equipment yang memiliki negative stat yang dikenakan, misalnya saja:
      - ATK down by STR/DEX
      - ATK -100/-200/-300 dsb.
      - ATK -7% / -12
      - STR/DEX -7% / -12

      Kalau ada pemain yang memiliki ATK di atas 1000 poin, kemungkinanya adalah sbb:

      - Level sudah lebih dari 88
      - Menggunakan Main Weapon (1H) buatan player yang memiliki stat kurang lebihnya seperti ini: ATK+7%, STR/DEX+7%, Critical Damage+7%
      - Menggunakan Armor buatan player yang memiliki stat kurang lebihnya seperti ini: STR/DEX+7% Critical Damage, Critical Rate+12
      - Menggunakan Special Equip Dexterity Talisman III (DEX+6) atau Muscle Talisman III (STR+6)
      - Memiliki beberapa Crysta pada equipment nya yang meningkatkan Attack by %, seperti Black Knight of Delusion (STR+3% ATK+4%) atau Metal Stinger (ATK+2%)
      - Meningkatkan skill Attack Up dari Battle Skills.

      Semoga membantu :)


      Delete
    3. Kalau ingin attached crysta ke pedangnya bisa ga? Tapi ga ada ruang kosong utk crystanya, jadi apa ada cara utk buat ruang kosong utk crystanya terlebih dahulu?

      Delete
    4. Biasanya weapon&armor yang menambah total atk gitu itu yg mahal yang sampai jutaan ya?

      Delete
    5. Ruang kosong untuk crysta istilahnya adalah "Slot". Pada daftar item / equipment, akan muncul icon slot yang tampilanya menyerupai lubang jika masih kosong, jika sudah di attach crysta, maka nanti akan muncul icon crysta tersebut. Misal normal crysta icon nya adalah crysta warna biru.
      Maksimal slot yang bisa dimiliki sebuah equipment adalah 2 slot (harganya bisa puluhan juta).

      Cara untuk menambah slot yang sebelumnya tidak ada pada equipment bisa menggunakan item "Piercer" yang dibeli dengan orb (real cash). Jika 1H maka yang digunakan OHS piercer (one-handed sword), 2H = THS Piercer (Two-handed Sword), Armor = Spirit Needle, dll.
      Namun sekarang ada fitur untuk membeli piercer dari player lain, caranya mirip seperti attach crysta seperti biasa dari menu "Edit Crysta".

      Armor / Weapon buatan player dengan stat ATK/STR/DEX/Critical Damage+7% dan memiliki slot berkisar di harga juta-an, tergantung pada Base DEF/ATK dan material yang digunakan untuk mengisi stat nya (Critical paling mahal karena menggunakan banyak mana poin yang terbilang langka).

      Delete
  45. gan ane newbie baru lv20 senjata dual sword
    stat yg bagus antuk di naikin STR ataw DEX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk damage menengah, stability yang bagus dan AMPR (pemulihan MP dari serangan basic / auto-attack):
      DEX: 150 (untuk damage main weapon)
      sisanya dibagi merata / sesuai selera untuk:
      AGI: (Attack speed, damage sub-weapon)
      STR: (Critical damage, sedikit damage sub-weapon)

      Delete
    2. mksi infonya gan
      satu lagi kan saya ambil char khsus buas synthesis equip mindahin dye ,, krna klo d alchemy mahal sampai 1m
      tpi waktu use skill synthesis cuma bisa ganti 1 saja sedangkan klo d alchemy bisa ganti sesuai selera
      contohnya killer coat dye a adverturer garb dye b saya ingin buat tampilan killer coat dye a dan b status killer coat
      gmna gan mnta penjelasannya

      Delete
  46. Wah mantap nih tulisannya, koment² pada dibalas semua lagi. Saran dong gan kalo mau build mage class tapi bisa bossing, ada yg pernah bilang mage class gtu, bikin tulisan juga kayak diatas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau biar bisa bossing tinggal distribusi Stats & Skills doang yang sedikit beda gan.

      Untuk bossing jangan gunakan LUCK, taruh semua stat di INT kemudian sisanya di DEX > untuk pure Damage ... atau VIT > untuk yang lebih suka tipe tank.

      -Jika pilih DEX, gunakan sub weapon Dagger dan ambil Shot Skills
      -Jika pilih VIT, gunakan sub weapon Shield dan ambil Shield Skills

      Delete
  47. Gan kok ane sering liat akun baru level 50 udah bisa ambil skill strom sedangkan syarat untuk ambil skill strom itu mage level 3 dan level pemain itu 70 nah gimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena pemain tersebut punya character di slot lain yang sudah level 70 gan,
      -Story Mission
      -Bag
      -Storage
      -Achievement
      -Unlocked Map / Area
      -Unlocked Skill
      Semua ter-Share dalam satu akun, jadi semua karakter yang agan punya di karakter slot memiliki pencapaian yang "sama".

      Delete
  48. Gan cara pakai pedang dua tangan gimana ya

    ReplyDelete
  49. Cara buat mage attck range bagaimana ? normalnya mage biasa attack dekat kecuali skill,, tapi kalau sewa bodyguard magenya bisa attack jauh itu gimana ?

    ReplyDelete
  50. Klo 50-70 selain nc alternatif ad kah gan? Pt Di nc minta storm smua..sdg lvl msh 56..solo ga efektif, jd terpaksa farm nisel trus jual2 in di cb buat beli nc...tp ga efektif krn kadang susah laku....

    ReplyDelete
  51. gan cara party pake char sendiri gimana ya? ane liat ada orang party pake char sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu aj ya gan, klo agan punya char lebih dari 1, masuk menu ganti char/switch char, trus pilih char kedua tp jgn pilih ganti, tp pilih ikon kuning yg namany acompany ( toram ane set bhs inggris) nah ntar char kdua agan jd party...

      Delete
  52. kalo mau buat char baru, progress lvl start lvl 1 ato ngikutin progress lvl char utama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dr Lv 1 lagi gan, tapi untuk Achievement ngikut char utama.

      Sewaktu bikin char baru di char slot, pasti tersedia beberapa stat & skill point tambahan yg merupakan bonus-bonus / reward achievement dari char utama.

      Delete
  53. Gan klo saya kan dah pake job sword , nah klo pake storm bisa ga ,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, Storm masuk di kategori "Magic skills" dimana semua skill-skill di dalamnya punya tag "No Limit"
      Maksudnya skill2 tsb. dapat dipakai saat menggunakan weapon apapun.

      Namun perlu diingat bahwa Damage mungkin tidak terlalu besar karena Magic Skills menggunakan MATK dalam formulasi damage nya.
      Sedangkan jika agan menggunakan sword, tidak akan menambah MATK secara signifikan bahkan jika status INT ditingkatkan.

      Delete
  54. Replies
    1. Cuma bisa dari skill "Create Equipment" dari Smith Skills tree gan

      Delete
  55. kak saya mau tanya kan saya tadi main game toram online tapi pas loadingna kenapa sering keluar sendiri sama gak nge leg gitu itu kenapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spesifikasi HH agan gimana?
      Kalau masalah seperti ini biasanya masalah ini gan:
      -Minimal RAM harus 1GB (2GB/+ Recommended)
      -Koneksi data minimal 3G yang Stabil (4G/+ Recommended)

      Delete
  56. gan build skill mage farming lvl 41(saat ini) apa ya?
    berapa2 stat point untuk luk sama int pada lvl 41(saat ini)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih baru saya sarankan jangan taruh LUK terlalu banyak dulu gan, fokuskan pada INT. Alasanya:
      -Damage kecil, karena "mungkin" equipment agan masih standard.
      -Susah cari party, karena sekarang ini LUK-Mage lebih sering disebut "Leecher" gan, alias tukang nimbrung yang nyedot keuntungan. Ga bisa kill Monster dgn cepat.

      Nanti kalau agan sudah punya cukup Spina, sudah dapetin beberapa equipment dengan stats tinggi, sudah bisa membuat level karakter ke maksimal / cap... baru bisa coba bikin Karakter alternatif lagi yang sedikit lebih fokus ke LUK untuk farming yang lebih efisien.

      Delete
    2. thanks for the info :)
      sekrg aku sudh lvl76 hehe

      Delete
    3. berarti intinya char 1 fokus int dan char 2 fokus luk gitu?
      dan
      reset stat book ini cara dapetinya / beli gimana ya?
      :) udh ane reset tadi pagi :(
      dan udh dtmbah int sama luk :)

      Delete
  57. Misi gan mau nanya.
    Kan kalau mau Ambil misi NC kita harus selesaikan Mision story nya, sedangkan karakter utama yg paling pertama gw buat udah di hapus, jadi masih bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Progress / kemajuan dari Story Mision adalah Account-Bind gan, maksudnya--> data nya tersimpan di akun bukan di karakter. Meskipun karakter pertama dihapus, karakter ke-2 atau ke-3 akan melanjutkan story mission di mana agan terakhir ngelakuin Story Mission.
      Story Mission tetap lanjut dengan karakter apapun

      Delete
  58. Gan.. kan sy udh ada skill smith, naekin difficulty create weapon gmn gan? Soalnya sy skill up cuma nambah 1 difficulty..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau create equipment, jangan bikin equipment yang Item Level nya 10 level dibawah proficiency blacksmith gan,

      Intinya--> Semakin tinggi level Proficiency blacksmith, equipment yang dibikin harus yang level tinggi pula (gap maksimal agar tetap mendapatkan exp adalah 10 level)

      Delete
  59. gan build skill mage farming level 50an keatas apa ya?
    berapa2 stat point untuk luk sama int pada lvl 50an keatas?

    ReplyDelete
  60. Gan, cara ngirim gift ke pemain lain gmn caranya?

    ReplyDelete
  61. Replies
    1. Pertama boss harus di Flinch / Tumble / Stun dulu pakai skill gan, baru setelah itu bakalan muncul icon lingkaran berwarna putih dengan tulisan "TAP" di part / bagian boss yang bisa di break, tap terus sampai ada suara pecah (break) dan icon tsb berubah warna jadi merah.

      Delete
  62. Permisi... Saya mau nanya gan, gimana caranya atur statsnya mage yang dual swords, tapi magic damagenya jg lumayan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan Lv. cap sekarang ini saya rasa masih susah gan,
      Magic Damage dipengaruhi oleh MATK yang bisa ditingkatkan dengan base stat INT
      sedangkan dual swords adalah tipe fisik yang menggunakan base stat AGI / STR / DEX

      Untuk membagi2 stat point ke base stats tersebut saya rasa kurang efektif karena stats point yang dapat kita peroleh saat ini masih belum banyak,

      Delete
  63. Gan ada cara mudah dapat material mana gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling cepat di Ancient Empress tomb area 2, nama monsternya cassy gan, disana banyak yang farming dan spawn-rate monsternya cukup tinggi dan bergerombol.
      Proses Magic Device nya dan Spiritual Gem untuk Mana

      Delete
  64. Gan, ada guildnya? Ikut join donk, di toram jarang banget nemu org indo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ini saya sudah jarang aktif gan, orang2 guild juga sudah pada lari, hehehe.

      Delete
  65. semisal sy buat char pertama sword dan pengen ganti ke mage tanpa buat char baru menggunakan reset status apakah bisa gan? ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya maaf balasnya telat banget gan, repot kerjaan harus ke luar kota :D

      Tentu saja bisa gan.
      Sekedar tips, kalau level masih rendah (di bawah 50 misal), mendingan di delete aja tuh char trus bikin yang baru.
      Soalnya reset status item premium, dibeli dengan Orb. Lebih baik disimpen aja dulu buat kemudian hari.
      Mengingat developer Toram sering sekali mengutak-atik efek skill, reset status pasti bakalan sangat berguna buat karakter yang udah level tinggi nantinya. Buat ngerubah gaya permainan karena skill yang di atur ulang, istilahnya skill revamp.

      Delete
  66. Klo karakter yg lain di jadikan bodyguard apakah juga akan dapet expnya ato tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, EXP cuma masuk di karakter yang sedang dipakai / dikontrol

      Delete
  67. kak, aku pengen efek stormku berwarna seperti merah, biru, kuning. bagaimana ya caranya?

    ReplyDelete
  68. saran equip yang bagus dan murah untuk mage lv 70++ dong gan

    ReplyDelete
  69. Mau naya, kalo punya regu terus salah satu regu nya masuk area baru otomatis regu lain ikut kah atau manual

    ReplyDelete
  70. Nice gan, penjelasannya lengkap bagt, dari semua link yg saya baca, di sini paling top dah.

    ReplyDelete
  71. stat sama skill yang cocok buat archer apa gan?

    ReplyDelete
  72. cara menghapus skill yg salah beli di library gimana ya?...
    sama kalau ingin tambah kapasitas bag bagaimana ya, selain pakai orb?... 😔

    ReplyDelete
  73. Gan untuk memecahkan bagian tubuh bos itu gimana yah gan ?

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Cara dapet item pemecah bagian gimana yahh bang?

    ReplyDelete
  76. kak, aku mau tanya aku kan tambah char baru mage, nahh pas aku mau ambil misi kok masih pada ke lock yah, padahal di char aku yang satunya udah kebuka semua, apa emang harus selesain cerita lagi yah ?

    ReplyDelete

Post a Comment