Penjelasan Skill Combo di Toram Online: Serangan Beruntun

Toram memiliki sistem combo yang terbilang cukup kompleks, tidak sedikit dari pemain Toram Online yang belum memahami apa itu combo dan manfaatnya. Di dalam dunia gaming, combo sendiri memiliki arti sebagai berikut:
Combo (singkatan dari kombinasi) adalah istilah yang menunjuk serangkaian tindakan yang dilakukan secara berurutan, biasanya dengan keterbatasan waktu yang ketat, yang menghasilkan manfaat yang signifikan atau keuntungan.
Memahami konsep dari combo di Toram Online dapat memberikan manfaat yang besar, terlebih jika kamu sering melawan boss. Seperti peningkatan output damage, penggunaan MP yang dapat diminimalisir bahkan dinulifikasi (tak terbatas) dan keuntungan dari skill tertentu yang memberikan efek kepada rangkaian skill yang diaktifkan setelahnya.

Gambar: Marvel vs. Capcom 3® oleh Capcom Co., Ltd.

Sudah siap untuk memanfaatkan Skill Combo? Simak penjelasan berikut ini:

Mendapatkan Skill Combo

Sebelum dapat menggunakan combo, kamu harus memperolehnya terlebih dahulu dari reward yang diberikan oleh sebuah emblem, nama emblem tersebut adalah "Combine the Skills!".

Bagaimana cara mendapatkanya? Kamu harus memiliki 10 jenis skill yang berbeda dari satu karakter, setelah kondisi tersebut terpenuhi, kamu akan diberikan reward berupa +2 Combo Points.

Combo Points digunakan untuk membuat rangkaian skill, semakin banyak Combo Points (CP) yang kamu miliki, semakin panjang pula rangkaian skill di dalam  combo yang kamu buat.

Mengakses Menu Combo

Combo dapat diakses dan disetting melalui Menu > Character > Skills > Combo. Kamu dapat membuat 5 tipe combo yang berbeda sekaligus, dengan catatan CP yang kamu miliki cukup.

Sampai dengan saat artikel ini dibuat, CP maksimal yang dapat dimiliki oleh satu karakter adalah 20 poin. 2 Poin merupakan reward dari emblem, dan 18 poin dari Combo Level yang dapat kamu tingkatkan.


Keterangan:
  • Combo 1, Combo 2, Combo 3, dst.: Combo Slot (maksimal 5 slot), digunakan untuk membuat berbagai macam combo dengan rangkaian skill yang berbeda-beda sesuai dengan gaya pertarungan.
  • ON/OFF Switch: Menentukan apakah combo terkait akan dijalankan atau tidak jika skill yang ada di urutan pertama combo (combo opener) diaktifkan.
  • CP Used: Jumlah Combo Points yang digunakan untuk membuat rangkaian skill yang ada di dalam combo tersebut.
  • Icon Main Weapon dan Sub Weapon: Limit / batas untuk dapat menggunakan combo terkait. Sebagai contoh Combo 1 memiliki Shield Skill di dalam rangkaian skill nya, maka icon sub-weapon shield akan muncul di sampingnya, menandakan bahwa combo tersebut memerlukan shield untuk dikenakan (di-equip) terlebih dahulu agar dapat dijalankan, jika shield tidak dikenakan oleh karakter, maka secara otomatis switch combo tersebut akan berada dalam posisi "OFF".
  • CP Left: Jumlah Combo Points yang tersisa, CP digunakan untuk membuat rangkaian skill di dalam sebuah combo.
  • Combo Level: Setiap 1 level combo, kamu akan mendapatkan 1 Combo Points (CP). Combo Level dapat ditingkatkan dengan cara terus menerus menggunakan combo, dengan catatan combo yang kamu aktifkan sukses hingga akhir (dari skill pertama hingga skill terakhir). Jika combo mendapat interupsi (seperti flinch, thumble, stun atau kehabisan MP) dan harus terputus di tengah-tengah, maka Combo Level tidak akan meningkat.

Mengatur Combo

Untuk membuat combo baru sentuh tombol "Set Combo", sedangkan untuk memodifikasi combo yang telah di buat sebelumnya sentuh nama skill nya.


Saat pertama kali membuat combo, kamu akan diminta untuk menentukan skill pembuka (combo opener) terlebih dahulu (sentuh tombol Empty dan pilih skill yang kamu hendaki). Combo opener merupakan kunci untuk mengaktifkan rangkaian skill dari combo tersebut, jadi ketika skill yang merupakan combo opener diaktifkan, rangkaian skill yang ada di belakangnya juga akan aktif secara beruntun jika combo tidak mendapat interupsi.

Silahkan perhatikan gambar di bawah ini untuk penjelasan berikutnya:


Untuk menambahkan rangkaian skill setelah combo opener dan seterusnya, cukup dengan menyentuh icon "+" dan pilih skill yang kamu inginkan. Setiap penambahan 1 rangkaian skill (combo chains) dibutuhkan 1 combo points, perhitungan dalam penggunaan combo points akan diakumulasikan dari setiap combo setting yang kamu buat.

Sebagai contoh, pada Combo Setting 1 kamu menggunakan 10 combo points dari total 20 combo points yang kamu miliki, maka dari Combo Setting 2 dan seterusnya kamu hanya memiliki 10 combo points yang tersisa untuk digunakan.

Kemudian untuk menghapus rangkaian skill, sentuh tombol "Delete the Connection". Jika ingin menghapus combo secara keseluruhan, sentuh skill yang merupakan combo opener, geser pilihan ke bawah sampai kamu menemukan pilihan "Remove Combo"

Jangan lupa untuk membuat shortcut skill dari combo opener, yang dapat diakses dari Menu > Character > Skills > Shortcut Settings.

Penjelasan Combo Special Effect / Combo Tag

Skill yang ada di belakang combo opener dan seterusnya, dapat ditambahkan dengan efek khusus (Special Effect) atau yang biasa disebut dengan istilah combo tag. Efek khusus ini juga membuthkan 1 combo points layaknya skill biasa.


Untuk menambahkan efek khusus pada skill tertentu, sentuh slot "Special Effect" yang berada di bawah skill terkait, kemudian pilih efek yang kamu inginkan dari daftar.

Berikut ini adalah penjelasan dari Special Effect yang tersedia:

1. Consecutive

Deskripsi: Penggunaan MP dari skill dikurangi berdasarkan urutan combo, namun damage yang dihasilkan juga akan berkurang.

Pengurangan MP yang diberikan adalah sesuai dengan posisi atau urutan dari rangkaian skill tersebut. Misalkan Skill A membutuhkan 200 MP untuk dapat diaktifkan, jika Skill A terletak setelah combo opener (rangkaian skill No.1) maka MP yang dibutuhkan untuk mengaktifkan Skill A hanyalah 100 MP, karena telah dikurangkan oleh efek dari tag Consecutive.

Apabila Skill A terletak pada urutan rangkaian skill No.2, maka Skill A tidak akan membutuhkan MP sama sekali untuk dapat diaktifkan (200 MP - 200 MP = 0 MP) begitu pula seterusnya.
  • Urutan No.1 = -100 MP
  • Urutan No.2 = -200 MP
  • Urutan No.3 = -300 MP
  • dst.
Penalti damage atau pengurangan damage juga memiliki perhitungan yang serupa, yaitu -10% setiap nomor urutan. Sehingga efek yang diberikan oleh tag Consecutive dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Urutan No.1 = -100 MP & -10% Damage
  • Urutan No.2 = -200 MP & -20% Damage
  • Urutan No.3 = -300 MP & -30% Damage
  • dst.
Silahkan perhatikan ilustrasi combo di bawah ini agar lebih jelas:

Combo Setting 1:
Skill 1 > Skill A [Consecutive] > Skill B [Consecutive]

Keterangan:
 
Skill 1: Combo Opener
  • MP Cost: 100 MP
  • Damage: 1000
Skill A: Rangkaian I
  • MP Cost: 200 MP - 100 MP Consecutive = 100 MP
  • Damage: 1000 - 10% Consecutive = 1000 - 100 = 900 Damage
Skill B: Rangkaian II & Combo Ender
  • MP Cost: 300 MP - 200 MP Consecutive = 100 MP
  • Damage: 1000 - 20% Consecutive = 1000 - 200 = 800 Damage
Combo Setting 1
  • Total MP Cost (Pemakaian MP): 300 MP
  • Total Damage (Nilai Serangan): 2700 Damage

2. Mind's Eye

Deskripsi: Skill akan batal aktif jika monster yang menjadi target memiliki kekebalan terhadap status ailment yang mungkin ditimbulkan oleh skill dengan tag ini.

Sebagai contoh, skill "Paralyze Shot" dari Shot Skills tree memiliki kemungkinan untuk menimbulkan status ailment "Paralyze" terhadap monster yang menjadi target. Jika monster tersebut memiliki kekebalan terhadap Paralyze, maka skill Paralyze Shot secara otomatis tidak akan aktif.

3. Save

Deskripsi: Mengaktifkan skill tanpa menggunakan MP, namun damage yang dihasilkan akan menurun secara drastis. Damage dari rangkaian skill yang ada di belakangnya juga akan menurun.

Ketika skill dengan tag Save aktif, MP yang seharusnya terpakai justru akan tersimpan. Katakanlah skill "Smoke Dust" dari Shot Skills tree menggunakan tag Save, skill ini membutuhkan 500 MP untuk diaktifkan, daripada mengurangi jumlah MP yang dimiliki oleh karakter, tag Save akan menyimpan 500 MP ini untuk dapat digunakan oleh rangkaian skill yang ada di belakangnya.

Namun demikian, tag Save memiliki kondisi sebagai berikut:
  • Jika MP tersimpan dari skill yang menggunakan tag Save masih tersisa, pemakaian MP pada skill yang berada di rangkaian combo paling akhir akan berlipat.
  • Damage dari skill yang menggunakan tag save akan berkurang sebesar 80%, jika MP tersimpan belum habis dipakai oleh skill-skill pada rangkaian berikutnya, maka damage skill-skill tersebut akan berkurang secara berurutan sebesar 60%, 40%, 20% hingga akhirnya 0% atau bebas penalti damage.
Silahkan perhatikan ilustrasi combo berikut ini agar lebih jelas:

Combo Setting 1:
Skill 1 > Skill A [Save] > Skill B > Skill C

Keterangan:
 
Skill 1: Combo Opener
  • MP Cost: 100 MP
  • Damage: 1000
Skill A: Rangkaian I
  • MP Cost: 500 MP [Save] = 500 MP Tersimpan
  • Damage: 1000 - 80% Save = 1000 - 800 = 200 Damage
Skill B: Rangkaian II
  • MP Cost: 200 MP (MP Tersimpan - 200 MP = 500 - 200 = 300 MP)
  • Damage: 1000 - 60% Efek Save = 1000 - 600 = 400 Damage
Skill C: Rangkaian III & Combo Ender
  • MP Cost: 300 MP (MP Tersimpan - 300 MP = 300 - 300 = 0 MP)
  • Damage: 1000 - 40% Efek Save = 1000 - 400 = 600 Damage
 Combo Setting 1
  • Total MP Cost (Pemakaian MP): 100 MP
  • Total Damage (Nilai Serangan): 2200 Damage

4. Swift

Deskripsi: Pergerakan dari skill menjadi lebih cepat (tidak berlaku untuk skill-skill tertentu).

Fungsi sebenarnya dari tag ini adalah mempercepat animasi dari skill yang digunakan, "bukan" mempercepat cast time atau waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan skill sesaat setelah shortcut skill tersebut ditekan.

Sebagai contoh, saat kamu menekan tombol shortcut skill MP Charge (Lv 10) kamu harus menunggu selama 3 detik agar mendapatkan MP sebesar 300 poin. Jeda 3 detik itulah yang dinamakan cast time, dan tag Swift tidak akan mempercepat waktu 3 detik tersebut.

Lalu apa yang dapat dipercepat oleh tag Swift? Semua skill yang tidak membutuhkan cast time (instant cast) misalnya, "Triple Kick" dari Martial Skills tree, skill tersebut memiliki animasi berupa gerakan menendang sebanyak 3 kali, jika kamu menggunakan tag Swift pada Triple Kick, maka gerakan animasi menendang akan dipercepat hingga layaknya karakter kamu hanya menendang sebanyak 1 kali.

5. Smite

Deskripsi: Damage dari skill dengan tag Smite meningkat, namun damage dari skill berikutnya menurun. Jika tidak ada skill setelahnya, maka MP Cost akan berlipat.

Tag Smite akan meningkatkan damage dari skill sebanyak 50%, dengan catatan harus ada rangkaian skill yang mengikutinya. Jika tidak, MP yang dibutuhkan untuk menggunakan skill ini akan berlipat.

6. Tenacity

Deskripsi: Mengaktifkan skill dengan HP meskipun MP tidak cukup. Damage dari skill akan berkurang jika HP yang digunakan untuk mengaktifkanya semakin besar.

Sesuai dengan deskripsi di atas, Tenacity cocok digunakan untuk karakter "Tank" yang memiliki HP besar namun sedikit MP.

    Meningkatkan Combo Level Untuk Combo Points

    Memiliki Combo Points yang banyak berarti dapat membuat rangkaian combo yang panjang, variasi combo juga dapat dibuat beraneka ragam sesuai dengan gaya bertarung dari karakter.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk meningkatkan Combo Level / Combo points, kamu harus sering menggunakan combo dan sukses. Combo yang sukses adalah combo yang berhasil mengenai target monster dari combo opener, rangkaian skill, hingga combo ender tanpa mendapat interupsi.

    Interupsi dari combo dapat berupa:
    • Sisa MP kurang dari jumlah MP yang dibutuhkan oleh skill.
    • Serangan dari monster yang menimbulkan ailment fisik seperti flinch, thumble, stun dan bleed.
    Combo yang paling tepat untuk digunakan dalam meningkatkan CP adalah combo panjang yang hanya menggunakan 1MP bar (100 MP). Combo Level akan cepat meningkat jika kamu menggunakan seluruh Combo Points yang kamu miliki dalam mengatur Combo Setting.

    Jika ingin cepat dalam meningkatkan CP, tentunya kamu harus sering menggunakan combo. Untuk dapat mengaktifkan combo secara terus menerus, pastinya kamu harus memiliki MP yang banyak. MP Cost (kebutuhan MP) dari combo yang kamu gunakan juga haruslah minimalis, seperti 1 MP bar (100 MP).

    Bagaimana melakukanya?

    1. Gunakan combo dengan tag Consecutive di dalam rangkaian skill, seperti ilustrasi combo berikut:

    Combo Setting 1:
    Skill 1 > Skill A [Consecutive] > Skill B [Consecutive] > dst.

    Keterangan:
     
    Skill 1: Combo Opener
    • MP Cost: 100 MP
    • Damage: 1000
    Skill A: Rangkaian I
    • MP Cost: 100 MP - 100 MP Consecutive = 0 MP
    • Damage: 1000 - 10% Consecutive = 1000 - 100 = 900 Damage
    Skill B: Rangkaian II
    • MP Cost: 200 MP - 200 MP Consecutive = 0 MP
    • Damage: 1000 - 20% Consecutive = 1000 - 200 = 800 Damage

    2. Gunakan equipment yang memiliki stat rendah, namun memiliki tambahan MP di dalam stats nya, berikut equipment set yang saya sarankan:

    • Main Weapon dan Sub Weapon dengan stat rendah, namun disesuaikan dengan skill yang ada di dalam rangkaian combo yang kamu gunakan, agar combo tetap dapat diaktifkan. Misalkan terdapat Shot Skills di dalam combo, maka main weapon adalah Bow / Bowgun atau Sub Weapon Arrow.
    • Magician Ring dengan Stat +1000 MP namun memiliki stat negatif berupa ATK dan MATK -25%. Special Equipment ini sangat cocok dipakai untuk meningkatkan Combo Level. Tambahan MP yang banyak akan sangat membantu dalam mengaktifkan combo secara terus menerus.
    Kenapa harus equipment dengan stat rendah? Jika ingin melakukan spam combo tanpa henti, maka damage yang diperlukan cukup minimal saja. Sehingga monster yang kamu jadikan samsak tinju untuk mengasah combo tidak cepat tewas (lol).

    Damage Besar dengan 1 MP Bar Combo (100 MP)

    Dengan memanfaatkan skill dan combo tag tertentu, kamu dapat merangkai combo yang memiliki damage besar, namun membutuhkan MP minimal (100 MP) bahkan bisa mencapai 0 MP.

    Skill-skill tersebut adalah:
    • Quick Draw [Shot Skills]: Skill pasif yang memungkinkan pemulihan 100 MP setiap kali berhasil menggunakan skill-skill aktif tanpa interupsi.
    • Shell Break [Martial Skill]: Dapat memulihkan 400 MP jika skill ini berhasil menimbulkan ailment "Armor Break" pada monster yang menjadi target.
    • Magi: Impact [Magic Skill]: Mengurangi 50% pemakaian MP pada skill yang diaktifkan setelahnya.
    Dengan memanfaatkan skill-skill tersebut, penggunaan 100 MP pada combo memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk dapat terpulihkan dengan seketika saat bertarung, seperti memiliki MP yang tidak terbatas karena penggunaan MP akan tertutup dengan pemulihan MP.

    Sedangkan combo-tag yang digunakan meliputi:
    • Save: Sebagai cadangan MP (MP Bank)
    • Consecutive: Menulifikasi pemakaian MP
    • Smite: Melipatkan damage skill hingga 50%
    Silahkan perhatikan ilustrasi combo di bawah ini agar lebih jelas:

    Combo Setting 1:
    Smash > Shell Break [Save] > Shield Bash [Consecutive] > Shield Cannon [Consecutive] > Impact [Consecutive] > Storm [Smite] > Holy Fist [Swift]

    Keterangan:
     
    Smash: Combo Opener
    • MP Cost: 100 MP
    Shell Break: MP Bank (Cadangan MP)
    • MP Cost: 300 MP [Save] = 300 MP Tersimpan
    • Damage: -80% karena Save
    Shield Bash: Filler / Interupsi
    • MP Cost: 100 MP - 200 MP karena Consecutive = -100 MP = 0 MP Cost
    • Damage: -60% karena Save; -20% karena Consecutive
    Shield Cannon: Filler / Interupsi
    • MP Cost: 200 MP - 300 MP karena Consecutive = -100 MP = 0 MP Cost 
    • Damage: -40% karena Save; -30% karena Consecutive
    Impact: Pengurang MP Cost
    • MP Cost: 200 MP - 400 MP karena Consecutive = -200 MP = 0 MP Cost
    • Damage: -20% karena Save; -40% karena Consecutive
    Storm: Kunci Damage Utama

    • MP Cost: 400 MP - 200 MP karena aktif setelah Impact = 200 MP Cost; MP Tersimpan - MP Cost Storm = 300 MP - 200 MP = 100 MP tersisa
    • Damage: +50% karena Smite
    Holy Fist: Combo Ender

    • MP Cost: 100 MP; MP Tersimpan - MP Cost Holy Fist = 100 MP - 100 MP = 0 MP tersisa
    • Efek pelipatan MP Cost dari Smite dinulifikasi karena terdapat Holy Fist setelahnya
    • Motion Speed = MAX karena Swift
    Combo Setting 1
    • MP Cost: 100 MP
    • Damage: 150% Storm [Smite]
    Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.
    Terima kasih!

      Comments

      1. Mantapz gan sampe ane pusing membacanya dan sedikit kurg ngerti XD

        ReplyDelete
      2. Bermanfaat sekali artikelnya buat para player toram bro, terus dikembangkan ya. Boleh request combo untuk mage farmer ga nih bro? Hehe

        ReplyDelete
      3. wah, penjelasanny lengkap sekali.
        sekalian mau nanyak dong. jika saya menggunakan save pada 2 skil berturut-turut, apa MP yg tersimpan jumlah dri kedua skill atau skill yg terakhir?

        ReplyDelete
        Replies
        1. Sorry, balasan saya telat banget gan :p

          Saya sarankan, "Jangan."

          MP yang tersimpan dari 2 skill dengan tag "Save" memang berlipat, tapi:
          - Penalty damage juga berlipat, misal: Skill1[Save] > Skill2[Save] maka Skill3--> Penalty damage dari Skill1+Skill2= (80%)*2 = 160%
          - Butuh rangkaian skill yang sangat panjang, supaya pemakaian MP pada skill terakhir tidak berlipat karena penggunaan tag "Save". Bahkan mungkin, Combo Point (CP=20) yang saat ini tersedia bahkan belum cukup.

          Delete
      4. Mau nanya, klo bar MP berkurang itu biasanya gara" apa ya ? Terus cara nambahin lg gimana ? :)

        ReplyDelete
        Replies
        1. Beberapa kemungkinannya...

          - Mengganti / melepas Equipment Stats "MP+..." yang tadinya di equip.
          - Memakai Equipment dengan stats "MP-..."
          - Menghapus skill Survival yang tadinya sudah dialokasikan SP pada "MP Up".
          - Efek pemakaian potion yang sudah expired / kadaluarsa.
          - Efek Event khusus yang sudah expired.

          Delete
      5. Gan minta solusi lvl ane dah 103 skill da kebuka dah lbih 10 tp cp belum dapat2.. Gimana mau ngecombo.. Ada solusi gan? Gua terhiba banget ama shoter lvl rendah saat ngebossing.. Masa damage gua lbh rend

        ReplyDelete
        Replies
        1. Apakah reward emblem "Combine the Skills" nya udah di accept / diterima?

          Delete
      6. mantap gan gw cari2 penjelasan combo d toram ini yang paling detail dan lengkap
        lanjutkan!!

        ReplyDelete
      7. bro ane mau nanya, damage gede itu hasil senjata, stat, atau skill?

        ReplyDelete
        Replies
        1. Semuanya gan :)

          Ketiganya saling terkait.
          Sebagai contoh, senjata one-handed sword. Biar damagenya gede, stat yang ditingkatkan harus STR atau DEX karena tiap 1 DEX/STR nambah ATK sebanyak 2 poin.

          Kalau ingin output damage yang besar, pengguna sword atau senjata fisik lainnya harus memperhatikan stats ATK (Attack).

          Kemudian Skill dari One-Handed sword sendiri bakal gede damagenya kalau nilai ATK-nya tinggi. Karena formula damage dari skill-skillnya kebanyakan dikalkulasi dari stat ATK.

          Kesimpulanya,
          -Tingkatkan base stats sesuai Main Weapon yang dipakai agar ATK (untuk tipe fisik) / MATK (untuk tipe magic) meningkat.
          -Gunakan equipment yang meningkatkan ATK / MATK, Refine semaksimal mungkin, kalau perlu tambahkan Crysta (xtal).
          -Gunakan skill point untuk skill-skill yang penting saja.

          Delete
      8. gan yang dimaksut ama stun itu apa si ane kurang ngerti baru soalnya

        ReplyDelete
        Replies
        1. Kalau di Toram world channel Indonesia mungkin artinya: Pingsan / Kelengar.

          Jadi itu salah satu status ailment (bisa diartikan penyakit) yang ditimbulkan karena suatu serangan tertentu.

          Player, monster, dan boss bisa "Menimbulkan" atau "Terkena" stun karena penggunaan skill.

          Contohnya: skill Shield Cannon dan Shield Bash, bisa menimbulkan "Stun" terhadap monster / boss yang dijadikan target.

          Akibat dari stun: Player / monster nggak bisa bergerak apalagi menggunakan skill selama beberapa detik.

          Delete
        2. Gan gimana supaya stun nya lama yg ane cuma 1 detik pake hard hit?

          Delete
      9. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete
      10. Penjelasan paling jelas dan padat. thanks bro skrg jadi paham

        ReplyDelete
      11. Ya ampun tamplate blognya terlalu lebar, tulisan jadi gk kelihatan tolong di ubah

        ReplyDelete

      Post a Comment