IRUNA Online: Tips Leveling Cepat untuk Newbie

IRUNA Online, sebuah MMORPG untuk platform smartphone yang sangat populer di Jepang bahkan di dunia (termasuk Indonesia). Gameplay menarik dengan tuntutan spesifikasi yang minimal membuat permainan ini digemari oleh banyak gamer khususnya pengguna smartphone Android.

Meskipun kualitas grafis dari IRUNA dapat dibilang sudah sangat ketinggalan jaman, namun konten dari permainan ini sangatlah luas, karena sudah lebih dari 5 tahun beroperasi dengan update mingguan yang dilakukan secara rutin oleh developernya (Asobimo, Inc).

Jika kamu adalah fans berat MMORPG, pasti tidak akan cepat bosan bermain IRUNA. Banyak hal yang dapat dilakukan di dalamnya, seperti meningkatkan level, upgrade equipment, mengerjakan quest, boss-hunting untuk mendapatkan item langka (rare), melakukan produksi, bahkan memelihara monster.


Satu hal yang menjadi masalah khususnya bagi petualang-petualang yang baru saja bermain adalah "Level-Cap" atau batas maksimal level dari karakter. Mengingat permainan ini sudah ada sejak 5 tahun silam, tidaklah aneh jika batas level yang saat ini ditentukan sangatlah tinggi. Sampai dengan saat artikel ini dibuat, level-cap karakter di IRUNA adalah 350, WOW bukan? (lol).

Untuk pemain yang tergolong masih baru (newbie) mungkin akan melakukan hal-hal yang sewajarnya dilakukan seperti di dalam permainan-permainan RPG pada umumnya untuk meningkatkan level. Berburu monster dan melakukan quest berulang kali sampai ketiduran karena bosan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai level 350? Tidak sebentar pastinya, karakter pertama saya di IRUNA membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun untuk mencapai level 200-an. Cara yang saya gunakan waktu itu adalah murni hanya dengan mengerjakan quest dan berburu monster sendirian jika ada waktu luang (maklum saya lebih suka bermain solo).

Kalau kamu tidak ingin meluangkan waktu selama itu hanya untuk dapat mengejar level pemain-pemain veteran, mungkin ada baiknya kamu simak tips-tips berikut ini:

Power Leveling (Level Boost)

Meminta bantuan pemain lain ber-level tinggi untuk meningkatkan level kita. Ada yang bilang kalau cara ini sama dengan mengemis (begging) dan julukan untuk umat ini adalah begger. Hehe, siapa peduli? Jika kamu beranggapan bahwa cara ini adalah tindakan yang rendah maka kamu salah besar.

Tidak sedikit pemain tingkat dewa di IRUNA yang justru menawarkan jasa free leveling alias jasa meningkatkan level secara cuma-cuma untuk para newbie. Apakah karena banyak pemain baik hati di sini? Tidak juga, karena jasa untuk meningkatkan level secara gratis dapat dikatakan sebagai simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan.

Bagi pihak yang ditingkatkan levelnya sudah pasti mendapat keuntungan besar karena level dapat meningkat pesat secara gratis tanpa harus melakukan usaha yang berarti. Lantas apa keuntungan bagi pihak pemberi jasa? Pahala karena telah tolong-menolong sesama umat manusia? Ya, mungkin itu salah satunya (lol).

Tentu saja bukan itu maksud dari keuntungan tersebut, IRUNA menerapkan sistem pembagian experience points (shared EXP) di dalam grup pemain (party) berdasarkan perbedaan level dari para pemain. Di dalam sebuah party, pemain ber-level tinggi akan mendapatkan EXP yang lebih dibandingkan dengan pemain yang ber-level rendah.

Semakin besar perbedaan level (level gap) di antara pemain, semakin banyak pula EXP yang diterima oleh pemain dengan level tertinggi di dalam party tersebut. Tambahan EXP yang diterima tidaklah banyak, namun cukup signifikan untuk perbedaan level yang mencapai kurang lebihnya 200 level.

Singkat cerita, pemain-pemain level tinggi (katakanlah level 260+) akan mendapatkan tambahan EXP saat berburu monster dengan party yang beranggotakan para newbie (dibawah level 50 atau 70). Tentu saja banyak pemain veteran yang melakukanya, selain membantu sesama adalah perbuatan terpuji, mereka juga diuntungkan dari segi penerimaan EXP.

Bagaimana Caranya Meminta Bantuan?

Untuk mencari pemain yang sedang menawarkan jasa free leveling, kamu bisa menemukanya di Group Chat atau datang langsung ke lokasi berburu (hunting spot) yang selalu ramai dengan pemain. Saya sarankan cari terlebih dahulu di Group Chat daripada kamu harus mengunjungi hunting spot satu per satu untuk mencari bantuan yang belum pasti ada.

Memanfaatkan Group Chat (GC)

Untuk mengakses fitur Group Chat, pilih Menu > Community > Group Chat. Kemudian pilih Category "Seek Party" dan sentuh tombol "Start Search". Group Chat akan menampilkan semua chat room yang berhubungan dengan pencarian party.


Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan satu atau dua chat room yang mana pemiliknya sedang mencari anggota party untuk diajak leveling gratis. Katakanlah kamu sedang kurang beruntung, tunggu saja 1 sampai 5 menit dan akses kembali Group Chat serta cek secara berkala. Berikut ini adalah contoh chat room yang sedang mencari party untuk free leveling:


Lalu apa maksud dari judul chat room tersebut? Judul atau nama chat room di Group Chat terbatas untuk beberapa karakter saja, sehingga kebanyakan pemilik chat room menggunakan singkatan.

  • 15-70 → Rentang level yang ditawarkan secara gratis oleh pemilik chat room. Kenapa bukan dimulai dari level 1? Karena saat ini developer IRUNA sudah merevisi perolehan EXP untuk pemain-pemain baru, sehingga hanya dengan mengikuti tutorial di awal permainan, pemain baru dapat langsung mencapai level 15.
  • free → GRATIS! Terkadang ada orang yang mencari keuntungan dari berjualan jasa leveling, sehingga selalu pastikan kamu masuk di chat room yang berjudul "free".
  • s4 → Server nomor 4 (Stormia).
  • 3i → Third Eyes, salah satu monster di Tower of Yafula, level 325, dengan EXP sebesar 480.000 poin.

Saat kamu menemukan chat room yang mirip seperti di atas, coba masuk / join di dalamnya dan mintalah kepada si pemilik room agar kamu diikutkan di dalam party. Biasanya pemilik room akan menawarkan "TP" atau teleport menuju ke kota terdekat dari lokasi leveling, jika tidak kamu harus membelinya sendiri di Island Stall (Menu > To Island > Search Items).
Teleport (TP) di IRUNA adalah item tipe konsumsi (Consumable) yang dapat digunakan untuk menuju suatu lokasi tertentu secara instan tanpa harus berjalan menyusuri peta.
Satu hal yang harus diingat adalah pastikan bahwa kamu sudah di "invite" ke dalam party sebelum menuju lokasi atau pindah server. Tergantung pada si pemilik room, kamu harus menyesuaikan diri agar dapat berada di server yang sama denganya.

Yang harus kamu lakukan sesampainya di lokasi leveling hanyalah duduk manis di suatu tempat yang aman, jauh-jauh dari monster, dan tunggu level meningkat hingga sesuai dengan yang sudah dijanjikan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah proses leveling.

Monster-Monster dengan EXP Tinggi untuk Leveling

Tentu saja penghuni ikonik Tower of Yafula "Third Eyes" (3i) bukanlah satu-satunya monster yang diburu untuk power leveling. Meskipun 3i memiliki EXP terbanyak di IRUNA, namun masih banyak pemain veteran yang memilih alternatif monster lain untuk leveling. Dikarenakan 3i merupakan monster yang cukup merepotkan, seranganya cepat dan sangat akurat serta memiliki HP (Health Point) yang sangat tinggi. Berikut ini adalah beberapa monster dengan EXP tinggi yang paling populer digunakan untuk leveling:

Megaroche (Mega)

Level: 200 - 201
EXP: 149.600 - 151.055
Lokasi: Mubele Pass
Kota Terdekat: Drafbourg (teleport tersedia)


Megaroche merupakan monster dengan EXP tinggi yang pertama kali digunakan untuk leveling di IRUNA. Lokasinya sangat dekat dengan kota Drafbourg, gunakan teleport ke kota ini dan pergi ke arah selatan untuk sampai di Mubele Pass.

Kota Drafbourg:

Portal menuju Mubele Pass:

Mungkin lokasi ini sudah tak seramai dulu, namun masih tetap ada beberapa pemain yang menggunakan lokasi ini untuk leveling. Kebanyakan adalah pemain-pemain dengan rentang level 200-an.

Baum Warrior (BW)

Level: 250 - 251
EXP: 193.200 - 194.711
Lokasi: Kilf Rocky Area
Kota Terdekat: Sateria City (teleport tersedia)


Baum Warrior dapat menimbulkan status ailment "poison" atau racun kepada penyerangnya, sehingga harus membawa banyak Antidote atau Vaccine Poison jika ingin melawanya. Namun kalau hanya ingin numpang leveling, tidak usah repot-repot menyiapkan perbekalan, hehe.

Sateria City:

Portal menuju Kilf Rocky Area:

Yarde

Level: 275 - 276
EXP: 325.421 - 327.740
Lokasi: Zalms Plains
Kota Terdekat: Underground Bailune (teleport tersedia)


Di lokasi ini terdapat sebuah area aman dan nyaman yang biasa digunakan para newbie untuk tongkrong selama proses leveling. Tempatnya mirip bukit kecil bebatuan di sebelah kanan di mana Yarde bermunculan. Setelah keluar dari kota UB melalui portal barat, bergegaslah ke area ini sebelum terbunuh oleh monster-monster brutal (lol).

Kota Underground Bailune:

Portal menuju Zalms Plains:


Third Eyes (3i)

Level: 325
EXP: 480.000
Lokasi: Tower of Yafula
Kota Terdekat: Maios (teleport tersedia)



Kota Maios:

Tidak seperti 3 monster sebelumnya yang berlokasi dekat dengan kota, kamu harus melewati 2 area terlebih dahulu agar sampai di Tower of Yafula, tempat 3i berada. Berikut ini adalah area yang harus kamu lewati untuk menuju kesana:

Portal menuju Stiof Volcano dari Maios:

Portal menuju Makia's Path dari Stiof Volcano:

Ikuti saja portal selanjutnya di Makia's Path, karena hanya ada satu jalan maka kamu tidak akan tersesat. Setelah melewati Makia's Path kamu akan tiba di Tower of Yafula tempat Third Eyes berada.

Border Raid "Raton"

Biasanya penyedia jasa free leveling tidak akan mau menerima karakter di atas level 70. Lalu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan level dengan cepat di tahap ini? Jangan khawatir, masih ada cara instan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah "Border Raid".


Apa itu Border Raid "Raton"? Sistemnya hampir serupa dengan raid-raid lainya yang ada di IRUNA atau di kebanyakan game MMORPG. Perbedaanya adalah seluruh pemain IRUNA dari berbagai server (dari S1 sampai dengan S5) dapat berkumpul di satu lokasi untuk melawan 1 ekor boss saja, yaitu Raton (final boss dari Main Quest episode 2).
Raid adalah sebuah misi / quest khusus di dalam game, dimana sebuah grup pemain dalam jumlah yang besar saling bekerjasama untuk mengalahkan grup lain, baik itu NPC maupun sesama grup pemain.
Raid ini memberikan reward / imbalan EXP dalam jumlah yang sangat besar, saya sendiri kurang mengetahui perhitungan pastinya, hehe. Saat pertama kali mencoba, saya menggunakan karakter level 260+ dan level tidak meningkat sama sekali. Kemudian saya ber-eksperimen dengan karakter level 100, dan hasilnya sangat memuaskan, level meningkat sebanyak 20 angka menjadi level 120. Terakhir saya gunakan karakter level 15 dan langsung meningkat ke level 60. Semakin rendah level karakter, semakin menguntungkan Border Raid ini untuknya.

Border Raid dapat diakses setiap hari Sabtu dan Minggu jam 5 sore WIB dari Rokoko City. NPC Specia akan muncul di tengah-tengah kota pada waktu tersebut, cukup bicara denganya untuk dapat berpartisipasi di dalam Border Raid. Usahakan untuk hadir maksimal 5 menit sebelum raid dimulai jika tidak ingin ketinggalan.

Apa yang harus dilakukan saat Border Raid dimulai? Sebagai seorang newbie, cukup selamatkan saja nyawa kita dari jurus-jurus mahadewa Raton (lol). Biarkan pahlawan-pahlawan pemberani IRUNA yang mengalahkanya, dan tunggu imbalanya.

Main Quest Rush (MQ-Rush)

Setelah mendapat power leveling dan berpartisipasi di dalam 1 atau 2 Border Raid, langkah selanjutnya adalah kerjakan Main Quest (MQ) seperti tiada hari esok. Sampai dengan saat artikel ini dibuat, pemain dapat mencapai level 260+ hanya dengan mengerjakan MQ saja.

Solo atau Party?

Saya cukup yakin dengan bantuan seekor pet, karakter ber-level 70+ dapat mengerjakan MQ nya secara solo / sendirian sampai dengan Saterica City. Jika setelahnya kamu mengalami kesulitan, coba temukan pemain lain yang memiliki MQ sama. Banyak pemain yang mengerjakan MQ di server 1 (Specia) jadi usahakan untuk masuk ke server ini sewaktu ingin mengerjakan MQ.

Help My MQ Please? Sir?

Sebagai seorang newbie, kamu harus menguasai satu skill khusus ini: "memohon bantuan dengan sopan". Sewaktu mengerjakan MQ, tidak jarang kamu akan bertemu dengan pemain level tinggi yang sedang farming di depan area boss. Cobalah untuk meminta pertolongan darinya, gunakan Chat terlebih dahulu untuk meminta bantuan, jangan langsung mengajaknya / invite dia ke dalam party karena hal ini mungkin akan mengganggu.

Buat Chat Room di GC

Kalau pemain level tinggi membuat chat room untuk mengundang newbie ke dalam party free leveling, maka sebagai seorang newbie kamu juga bisa membuat chat room untuk mencari bantuan dari pemain level tinggi. Cobalah buat chat room di GC dengan judul "Help MQ <Nama Boss>" di kategori Seek Party, meskipun tidak ada pemain level tinggi yang berkenan untuk membantu, mungkin kamu akan menemukan pemain lain dengan MQ yang sama sehingga dapat diajak untuk bekerjasama.

Friend atau Guild

Bersosialisasi dengan pemain lain untuk mencari bantuan juga layak dicoba, mengingat IRUNA adalah sebuah MMORPG, hubungan dengan pemain lain sangatlah dianjurkan. Permainan akan terasa sangat berbeda jika kamu memiliki teman atau bahkan guild, waktu akan terasa berlalu dengan sangat cepat dan menyenangkan.

Beli Jasa MQ

Jika kamu sudah memiliki cukup Spina, membeli jasa MQ dari pemain lain juga bisa menjadi pertimbangan. Harga untuk setiap boss yang ingin dikalahkan  beragam sesuai dengan tingkat kesulitan dan jarak yang harus ditempuh.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, tinggalkan komentar jika ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, terima kasih.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bermanfaat banget bang....coba sekalian bikin channel di youtube bang biar para newbie jadi pro

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Kapanpun dibuat,cara mainya ttp samaa begitula utk player baru

      Delete
  4. maksih bang, salken pemain baru iruna XD

    ReplyDelete
  5. Makasih bang atas infonya sebagai player newbie saya pusing bolak balik game ke gugel gugel ke game gara gara gak ngerti cara mainnya.

    ReplyDelete

Post a Comment